%0 Thesis %9 Other %A 0413031056, KETUT SURYANI %B FKIP %D 2010 %F eprints:15600 %I Universitas Lampung %T HUBUNGAN PERSEPSI SISWA TENTANG METODE MENGAJAR GURU DAN PEMANFAATAN MEDIA OLEH GURU DENGAN MOTIVASI BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS VIII SEMESTER GANJIL TAHUN PELAJARAN 2009/2010 %U http://digilib.unila.ac.id/15600/ %X Metode mengajar dan pemanfaatan media merupakan komponen dalam proses belajar mengajar yang tidak dapat dilepaskan atau dipisah-pisahkan. Berlangsungnya proses pembelajaran harus didorong oleh keinginan siswa belajar atau merubah sesuatu menjadi lebih baik. Tetapi pada kenyataanya banyak siswa memiliki motivasi yang masih rendah untuk belajar, hal ini dipengaruhi oleh berbagi faktor di sekolah khususnya. Untuk menumbuhkan motivasi belajar siswa tersebut sangatlah sulit karena berhubungan erat dengan diri sendiri atau psikologi seseorang. Penggunan metode mengajar tepat dan bervariasi serta pemanfatan media belajar yang optimal merupakan salah satu cara yang digunakan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan persepsi siswa tentang metode mengajar guru dan pemanfaatan media oleh guru dengan motivasi belajar ekonomi siswa kelas VIII semester ganjil di SMP Negeri 24 Bandar Lampung tahun pelajaran 2009/2010. h ada hubungan persepsi siswa tentang metode mengajar dan pemanfaatan media oleh guru dengan motivasi belajar ekonomi siswa Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Ex Post Facto dan tergolong sebagai penelitian asosiatif. Populasi penelitian ini berjumlah 148 orang dengan jumlah sampel berdasarkan pada rumus T. Yamane sebanyak 108 orang. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah simpel random sampling. Data diperoleh melalui dokumentasi dan penyebaran kuesioner kepada sampel. Pengujian hipotesis menggunakan Korelasi Product Moment dan Korelasi Multiple. Berdasarkan analisis data yang telah dilakukan, ternyata koefisien korelasi (R) sebesar 0,671 dengan F hitung >F tabel yaitu F hitung = 42,883 dan F tabel = F (0,05/2) (dk=108-2-1) = 3,08. Dengan demikian maka H o ditolak dan H a diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada hubungan persepsi siswa tentang metode mengajar dan pemanfaatan media oleh guru dengan motivasi belajar ekonomi siswa kelas VIII semester ganjil di SMP Negeri 24 Bandar Lampung tahun pelajaran 2009/2010.