%0 Thesis %9 Other %A 0543034028, Merrina Haditama %B FKIP %D 2010 %F eprints:15619 %I Universitas Lampung %T DESKRIPSI KESULITAN GURU TENTANG PEMBELAJARAN IPS TERPADU DI SMP PADA KECAMATAN TANJUNG SENANG BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2009-2010 %U http://digilib.unila.ac.id/15619/ %X Pada kurikulum KTSP mata pelajaran IPS di jenjang SMP ditetapkan dengan menggunakan model pembelajaran IPS terpadu. Pembelajaran IPS terpadu merupakan gabungan dari berbagai disiplin ilmu sosial. Dengan demikian guru IPS dituntut untuk dapat menguasai semua ilmu yang tergabung dalam IPS terpadu. Dalam penelitian ini metode yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan di SMP pada Kecamatan Tanjung Senang yang berjumlah 5 sekolah. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru IPS di SMP pada Kecamatan Tanjung Senang yang terdiri dari 25 orang guru. Analisis data menggunakan persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa:1) Guru IPS di SMP pada Kecamatan Tanjung Senang Bandar Lampung mengalami kesulitan dalam menguasai semua materi yang tegabung dalam IPS terpadu, hal ini terbukti bahwa terdapat 15 orang (60%) guru menjawab kesulitan dalam menguasai semua materi yang tergabung dalam IPS terpadu. 2) Guru IPS di SMP pada Kecamatan Tanjung Senang Bandar Lampung mengalami cukup kesulitan dalam menguasai metode pembelajaran IPS terpadu, hal ini terbukti bahwa terdapat 15 orang (60%) guru menjawab cukup kesulitan dalam menggunakan metode pembelajaran IPS terpadu. 3) Guru IPS di SMP pada Kecamatan Tanjung Senang Bandar Lampung mengalami kesulitan dalam menggunakan media pembelajaran IPS terpadu, hal ini terbukti bahwa terdapat 12 orang (48%) guru menjawab kesulitan dalam menggunakan media pembelajaran IPS terpadu. 4) Guru IPS di SMP pada Kecamatan Tanjung Senang Bandar Lampung tidak mengalami kesulitan dalam mempersiapkan perangkat pembelajaran IPS terpadu (pembuatan RPP), hal ini terbukti bahwa terdapat 17 orang (68%) guru menjawab tidak kesulitan mempersiapkan perangkat pembelajaran IPS terpadu (pembuatan RPP).