creators_name: 0613022003, LISNA SIHOMBING type: thesis datestamp: 2015-12-14 01:46:53 lastmod: 2015-12-14 01:46:53 metadata_visibility: show title: MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING TIPE POST SOLUTION POSING MATERI POKOK SUHU DAN KALOR ispublished: unpub subjects: General full_text_status: restricted abstract: Berdasarkan hasil observasi dan wawancara di SMAN 15 Bandar Lampung, diperoleh data bahwa nilai rata-rata siswa kelas X 2 pada semester ganjil tahun pelajaran 2009/2010 untuk mata pelajaran fisika adalah 55,05 sedangkan standar ketuntasan belajar yang ditetapkan sekolah adalah 65,00. Jumlah siswa SMAN 15 Bandar Lampung pada kelas X 2 berjumlah 28 siswa dengan 11 siswa laki-laki dan 17 siswa perempuan, hanya 10 orang siswa yang mencapai ketuntasan belajar. Hasil observasi yang diperoleh menunjukkan hasil belajar fisika siswa masih tergolong rendah. Hal ini disebabkan siswa kurang terlibat aktif dalam proses pembelajaran. Selain itu, model pembelajaran yang digunakan kurang bervariasi dan kurang menyediakan ruang bagi siswa untuk menggali potensi dan menciptakan pengalaman belajarnya sendiri sehingga tujuan pembelajaran belum tercapai secara optimal. Salah satu upaya untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan menggunakan model pembelajaran Problem Posing Tipe Post Solution. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan aktivitas dan hasil belajar siswa pada materi pokok suhu dan kalor dari siklus ke siklus. Lisna Sihombing Hasil penelitian ini menunjukan aktivitas belajar siswa pada siklus I yaitu 65,05% dengan kategori cukup aktif. Siklus II meningkat sebesar 8,75% menjadi 73,80% dengan kategori cukup aktif, dan meningkat kembali pada siklus III sebesar 8,8% menjadi 82,60% dengan kategori aktif. Sedangkan rata-rata hasil belajar siswa siklus I adalah 62,24. Siklus II mengalami peningkatan sebesar 5,62 menjadi 67,86. Siklus III rata-rata hasil belajar siswa meningkat kembali sebesar 8,25 menjadi 76,11. Rata-rata ketuntasan belajar siswa secara klasikal pada siklus I sebesar 35,71%; pada siklus II meningkat sebesar 17,50 % menjadi 46,42%; dan pada siklus III meningkat sebesar 12,50 % menjadi 85,71%. Adanya peningkatan persentase aktivitas dan hasil belajar fisika siswa setiap siklusnya menunjukkan indikator penelitian ini telah terpenuhi. date: 2010-09-03 date_type: published institution: Universitas Lampung department: FKIP thesis_type: other citation: 0613022003, LISNA SIHOMBING (2010) MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING TIPE POST SOLUTION POSING MATERI POKOK SUHU DAN KALOR. Other thesis, Universitas Lampung. document_url: http://digilib.unila.ac.id/15622/1/1.%20COVER.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/15622/2/2.%20ABSTRAK%20BARU.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/15622/2/3.%20Cover%20dalam.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/15622/3/4.%20Menyetujui.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/15622/4/5.%20MENGESAHKAN.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/15622/5/6.%20RIWAYAT%20HIDUP.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/15622/5/7.%20PERSEMBAHAN.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/15622/6/8.%20MOTTO.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/15622/7/9.%20SANWACANA.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/15622/8/10.%20DAFTAR%20ISI.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/15622/9/11.%20DAFTAR%20TABEL.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/15622/10/12.%20DAFTAR%20GAMBAR.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/15622/11/BAB%20I.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/15622/12/BAB%20II.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/15622/13/BAB%20III.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/15622/14/BAB%20IV.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/15622/15/BAB%20V.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/15622/16/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/15622/17/SURAT%20PERNYATAAN.pdf