@unpublished{eprints15623, month = {Nopember}, title = {PERBEDAAN PENINGKATAN PENGUASAAN KONSEP KIMIA DAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD ANTARA PENGGUNAAN MACROMEDIA FLASH 8 DAN MICROSOFT POWER POINT}, school = {Universitas Lampung}, author = {Ervinnawati 0613023024}, year = {2010}, url = {http://digilib.unila.ac.id/15623/}, abstract = {Berdasarkan hasil observasi dan wawancara dengan guru mata pelajaran kimia SMA Negeri 10 Bandar Lampung, pada materi pokok struktur atom dan sistem periodik unsur pada tahun ajaran 2009-2010 70 hanya berjumlah 60\% siswa. Sedangkan kriteria ketuntasan minimal (KKM) yang 70. Hal ini berarti sebanyak 40\% siswa belum mencapai kriteria ketuntasan minimal, dengan demikian kelas tersebut belum mencapai belajar tuntas. Sehubungan dengan hal tersebut, perlu dikembangkan suatu cara pengolahan media pembelajaran sehingga penguasaan konsep pada materi pokok struktur atom dan sistem periodik unsur dan aktivitas belajar siswa dapat ditingkatkan. Alternatif yang dilakukan agar penguasaan konsep dan aktivitas siswa dapat lebih baik yaitu dengan menerapkan pembelajaran kooperatif tipe STAD disertai media Macromedia Flash 8. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya perbedaan penguasaan konsep struktur atom dan sistem periodik unsur dan aktivitas belajar melalui pembel- ajaran kooperatif tipe STAD antara penggunaan Macromedia Flash 8 dan Micro- soft Power Point. Rancangan penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan meng- gunakan desain penelitian kuasi eksperimen yang terdiri dari dua kelompok yaitu kelas kontrol dan kelas eksperimen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan rata-rata nilai gain dan aktivitas belajar siswa yang diteliti antara kelas kontrol dan kelas eksperimen. Kesimpulan bahwa ada perbedaan peningkatan penguasaan konsep kimia dan aktivitas belajar siswa melalui pembelajaran kooperatif tipe STAD antara penggunaan Macromedia Flash 8 dan Microsoft Power Point.} }