@unpublished{eprints15624, month = {Agustus}, title = {PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 3 FASE UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PENGUASAAN KONSEP PADA MATERI HIDROKARBON}, school = {Universitas Lampung}, author = {Sittatul Atiqoh 0613023047}, year = {2010}, url = {http://digilib.unila.ac.id/15624/}, abstract = {Berdasarkan observasi, diperoleh informasi bahwa nilai rata-rata penguasaan konsep pada materi hidrokarbon kelas X 7 SMA Negeri 10 Bandar Lampung TP. 2008-2009 adalah 64,5. Siswa yang mendapatkan nilai dari 35 siswa. Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang ditetapkan sekolah yaitu 70, maka persentase ketuntasan belajar siswa adalah 45,71\%. Aktivitas siswa yang relevan dengan pembelajaran (on task) masih rendah. Upaya untuk meningkatkan aktivitas dan penguasaan konsep kimia diterapkan model LC 3E. Pembelajaran ini berbasis kontruktivisme yang terdiri dari 3 fase yaitu fase eksplorasi (exploration); fase penjelasan (explaination); dan fase penerapan konsep (elaboration). Tujuan penelitian ini mendeskripsikan penyebab dan peningkatan: (1) rata-rata tiap jenis aktivitas on task siswa; (2) rata-rata penguasaan konsep; (3) ketuntasan belajar siswa; pada materi hidrokarbon melalui model LC 3E dari siklus ke siklus. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam 3 siklus. Data penelitian terdiri dari data kualitatif berupa data aktivitas on task siswa dan data kuantitatif berupa data penguasaan konsep materi hidrokarbon. Hasil penelitian ini menunjukkan dari siklus I ke siklus II ke siklus III: (1) aktivitas mengerjakan LKS meningkat 13,58\% dan 13,92\%, karena siswa mulai terlatih dengan adanya LKS yang bersifat membangun konsep; bertanya kepada guru meningkat 28,45\% dan 3,25\%, karena siswa antusias bertanya kepada guru; menjawab pertanyaan dari guru meningkat 19,6\% dan 8,65\%, karena guru sudah memperbaiki cara bertanya kepada siswa; memberi pendapat meningkat 10,1\% dan 17,4\%, karena siswa sudah berani menyampaikan pendapatnya; (2) rata-rata penguasaan konsep meningkat 8,71\% dan 8,75\%. Hal ini dikarenakan adanya pendekatan guru kepada siswa untuk menanyakan kesulitan dalam mengerjakan soal-soal yang diberikan pada fase penerapan konsep; (3) ketuntasan belajar siswa meningkat 14,32\% dan 11,43\%, karena siswa lebih aktif menjelaskan suatu konsep berdasarkan pengetahuan yang telah diperoleh sebelumnya, untuk dapat menemukan sendiri konsep-konsep yang dipelajari dan menerapkan konsep pada contoh kejadian yang lain, sehingga dapat meningkatkan penguasaan konsep siswa pada materi hidrokarbon melalui model pembelajaran LC 3E.} }