title: PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 3 FASE UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PENGUASAAN KONSEP PADA MATERI HIDROKARBON creator: 0613023047, Sittatul Atiqoh subject: description: Berdasarkan observasi, diperoleh informasi bahwa nilai rata-rata penguasaan konsep pada materi hidrokarbon kelas X 7 SMA Negeri 10 Bandar Lampung TP. 2008-2009 adalah 64,5. Siswa yang mendapatkan nilai dari 35 siswa. Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang ditetapkan sekolah yaitu 70, maka persentase ketuntasan belajar siswa adalah 45,71%. Aktivitas siswa yang relevan dengan pembelajaran (on task) masih rendah. Upaya untuk meningkatkan aktivitas dan penguasaan konsep kimia diterapkan model LC 3E. Pembelajaran ini berbasis kontruktivisme yang terdiri dari 3 fase yaitu fase eksplorasi (exploration); fase penjelasan (explaination); dan fase penerapan konsep (elaboration). Tujuan penelitian ini mendeskripsikan penyebab dan peningkatan: (1) rata-rata tiap jenis aktivitas on task siswa; (2) rata-rata penguasaan konsep; (3) ketuntasan belajar siswa; pada materi hidrokarbon melalui model LC 3E dari siklus ke siklus. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam 3 siklus. Data penelitian terdiri dari data kualitatif berupa data aktivitas on task siswa dan data kuantitatif berupa data penguasaan konsep materi hidrokarbon. Hasil penelitian ini menunjukkan dari siklus I ke siklus II ke siklus III: (1) aktivitas mengerjakan LKS meningkat 13,58% dan 13,92%, karena siswa mulai terlatih dengan adanya LKS yang bersifat membangun konsep; bertanya kepada guru meningkat 28,45% dan 3,25%, karena siswa antusias bertanya kepada guru; menjawab pertanyaan dari guru meningkat 19,6% dan 8,65%, karena guru sudah memperbaiki cara bertanya kepada siswa; memberi pendapat meningkat 10,1% dan 17,4%, karena siswa sudah berani menyampaikan pendapatnya; (2) rata-rata penguasaan konsep meningkat 8,71% dan 8,75%. Hal ini dikarenakan adanya pendekatan guru kepada siswa untuk menanyakan kesulitan dalam mengerjakan soal-soal yang diberikan pada fase penerapan konsep; (3) ketuntasan belajar siswa meningkat 14,32% dan 11,43%, karena siswa lebih aktif menjelaskan suatu konsep berdasarkan pengetahuan yang telah diperoleh sebelumnya, untuk dapat menemukan sendiri konsep-konsep yang dipelajari dan menerapkan konsep pada contoh kejadian yang lain, sehingga dapat meningkatkan penguasaan konsep siswa pada materi hidrokarbon melalui model pembelajaran LC 3E. date: 2010-08-18 type: Tesis type: NonPeerReviewed format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/15624/1/ABSTRAK.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/15624/2/BAB%20I%20LC%203%20E.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/15624/3/BAB%20III%20LC%203E.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/15624/3/BAB%20II%20LC%203E.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/15624/4/BAB%20IV%20LC%203E.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/15624/5/BAB%20V%20LC%203E.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/15624/6/COVER.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/15624/7/DAFTAR%20GAMBAR.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/15624/7/DAFTAR%20ISI.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/15624/7/DAFTAR%20NILAI%20PENGUASAAN%20KONSEP.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/15624/8/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/15624/9/DAFTAR%20TABEL.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/15624/10/MOTTO.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/15624/11/PERSEMBAHAN.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/15624/12/RIWAYAT%20HIDUP.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/15624/13/SANWANCANA.pdf identifier: 0613023047, Sittatul Atiqoh (2010) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 3 FASE UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PENGUASAAN KONSEP PADA MATERI HIDROKARBON. Other thesis, Universitas Lampung. relation: http://digilib.unila.ac.id/15624/