%A Sittatul Atiqoh 0613023047 %T PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 3 FASE UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PENGUASAAN KONSEP PADA MATERI HIDROKARBON %X Berdasarkan observasi, diperoleh informasi bahwa nilai rata-rata penguasaan konsep pada materi hidrokarbon kelas X 7 SMA Negeri 10 Bandar Lampung TP. 2008-2009 adalah 64,5. Siswa yang mendapatkan nilai dari 35 siswa. Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang ditetapkan sekolah yaitu 70, maka persentase ketuntasan belajar siswa adalah 45,71%. Aktivitas siswa yang relevan dengan pembelajaran (on task) masih rendah. Upaya untuk meningkatkan aktivitas dan penguasaan konsep kimia diterapkan model LC 3E. Pembelajaran ini berbasis kontruktivisme yang terdiri dari 3 fase yaitu fase eksplorasi (exploration); fase penjelasan (explaination); dan fase penerapan konsep (elaboration). Tujuan penelitian ini mendeskripsikan penyebab dan peningkatan: (1) rata-rata tiap jenis aktivitas on task siswa; (2) rata-rata penguasaan konsep; (3) ketuntasan belajar siswa; pada materi hidrokarbon melalui model LC 3E dari siklus ke siklus. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam 3 siklus. Data penelitian terdiri dari data kualitatif berupa data aktivitas on task siswa dan data kuantitatif berupa data penguasaan konsep materi hidrokarbon. Hasil penelitian ini menunjukkan dari siklus I ke siklus II ke siklus III: (1) aktivitas mengerjakan LKS meningkat 13,58% dan 13,92%, karena siswa mulai terlatih dengan adanya LKS yang bersifat membangun konsep; bertanya kepada guru meningkat 28,45% dan 3,25%, karena siswa antusias bertanya kepada guru; menjawab pertanyaan dari guru meningkat 19,6% dan 8,65%, karena guru sudah memperbaiki cara bertanya kepada siswa; memberi pendapat meningkat 10,1% dan 17,4%, karena siswa sudah berani menyampaikan pendapatnya; (2) rata-rata penguasaan konsep meningkat 8,71% dan 8,75%. Hal ini dikarenakan adanya pendekatan guru kepada siswa untuk menanyakan kesulitan dalam mengerjakan soal-soal yang diberikan pada fase penerapan konsep; (3) ketuntasan belajar siswa meningkat 14,32% dan 11,43%, karena siswa lebih aktif menjelaskan suatu konsep berdasarkan pengetahuan yang telah diperoleh sebelumnya, untuk dapat menemukan sendiri konsep-konsep yang dipelajari dan menerapkan konsep pada contoh kejadian yang lain, sehingga dapat meningkatkan penguasaan konsep siswa pada materi hidrokarbon melalui model pembelajaran LC 3E. %D 2010 %I Universitas Lampung %L eprints15624