%0 Thesis %9 Other %A 0613024012, REFIE YUVITA %B FKIP %D 2010 %F eprints:15625 %I Universitas Lampung %T PERBANDINGAN IMPLEMENTASI PROSES PEMBELAJARAN BIOLOGI DI SMA ANTARA GURU YANG LULUS SERTIFIKASI MELALUI PORTOFOLIO DENGAN PLPG (PENDIDIKAN DAN LATIHAN PROFESI GURU) DI BANDAR LAMPUNG %U http://digilib.unila.ac.id/15625/ %X Dalam rangka upaya peningkatan mutu guru dibarengi dengan peningkatan kesejateraan guru, pemerintah mengadakan program sertifikasi. Untuk menilai apakah program sertifikasi guru berdampak pada peningkatan kualitas pendidikan, khususnya kualitas guru, perlu ada kajian dampak sertifikasi terhadap perilaku guru yang sudah tersertifikasi baik melalui portofolio maupun PLPG. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan implementasi proses pembelajaran biologi di SMA antara guru yang lulus sertifikasi melalui portofolio dengan PLPG di Bandar Lampung. Sampel dalam penelitian ini adalah guru biologi SMA yang terdiri dari 9 guru yang lulus sertifikasi melalui Portofolio dan 6 guru yang lulus sertifikasi melalui PLPG tahun 2007-2008. Metode sampling yang digunakan adalah purposive sampling. Data penelitian berupa data kualitatif (perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, penilaian pembelajaran) yang diubah menjadi data kuantitatif kemudian dideskripsikan. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa angket, lembar observasi, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat perbedaan implementasi proses pembelajaran biologi di SMA, antara guru yang lulus sertifikasi melalui portofolio dengan guru yang lulus sertifikasi melalui PLPG; (2) implementasi proses pembelajaran (perencanaan, pelaksanaan, penilaian) oleh guru biologi yang lulus sertifikasi melalui PLPG lebih tinggi dibandingkan dengan guru biologi yang lulus sertifikasi melalui portofolio.