%0 Journal Article %A 0813022006, DIANA SARI %D 2012 %F eprints:15643 %J Digital Library %T PERBANDINGAN KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN HASIL BELAJAR FISIKA ANTARA MODEL INKUIRI ILMIAH TEKNIK PICTORIAL RIDDLE DENGAN PEMBELAJARAN ARIAS %U http://digilib.unila.ac.id/15643/ %X Hasil belajar dan keterampilan proses sains (KPS) siswa dapat ditingkatkan dan lebih baik menggunakan model Inkuiri ilmiah teknik pictorial riddle dengan pembelajaran ARIAS. Hasil belajar diukur dari nilai posttest, sedangkan KPS diukur dari pencapaian indikator penilaian KPS yang meliputi: Mengamati, Merumuskan Hipotesis, Merencanakan Percobaan, Melakukan Percobaan Menginterpretasikan Data, Menerapkan Konsep, dan Berkomunikasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan rata-rata hasil belajar aspek kognitif dan KPS siswa pada pembelajaran fisika menggunakan model Inkuiri ilmiah teknik pictorial riddle dengan pembelajaran ARIAS. Desain eksperimen pada penelitian ini menggunakan bentuk True Experimental Design dengan tipe Posttest-Only Control Design. Teknik analisis data hasil belajar menggunakan skor rata – rata hasil belajar dan pengujian hipotesis menggunakan uji Independent Sample T Test, sedangkan analisis data KPS menggunakan data skor observasi pada proses pembelajaran dan pengujian hipotesis menggunakan uji Independent Sample T Test. Berdasarkan tes hasil belajar diperoleh rata-rata hasil belajar siswa pada kelas eksperimen 1 (model Inkuiri ilmiah teknik pictorial riddle) sebesar 85,59 (kate- gori sangat baik). Pada kelas eksperimen 2 (pembelajaran ARIAS) diperoleh rata- rata hasil belajar siswa sebesar 78,17 (kategori baik). Berdasarkan hasil per- hitungan diketahui rerata skor KPS siswa pada kelas pictorial riddle sebesar 80% (kategori baik) sedangkan pada kelas ARIAS, diketahui rerata skor KPS siswa sebesar 68,33% (kategori baik). Hasil tersebut mengindikasikan bahwa model Inkuiri ilmiah teknik pictorial riddle lebih efektif digunakan sebagai upaya untuk meningkatkan hasil belajar siswa dan KPS dalam pembelajaran.