%0 Thesis %9 Other %A 0643021024, Fitrilia Susanti %B FKIP %D 2010 %F eprints:15647 %I Universitas Lampung %T PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA %U http://digilib.unila.ac.id/15647/ %X Hasil belajar matematika siswa kelas VIII-D SMP Negeri 1 Raman Utara tahun pelajaran 2010/2011 tergolong rendah. Rendahnya hasil belajar tersebut disebab- kan karena aktivitas belajar siswa rendah. Pembelajaran masih didominasi oleh guru sehingga siswa kurang terlibat aktif dalam pembelajaran. Oleh karena itu, perlu dibutuhkan pembelajaran yang dapat membuat siswa lebih aktif sehingga berdampak pada meningkatnya aktivitas dan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas VIII-D SMP Negeri 1 Raman Utara melalui pembelajaran kooperatif tipe STAD. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam tiga siklus. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Faktor yang diteliti adalah aktivitas dan hasil belajar siswa. Data penelitian diperoleh dari observasi aktivitas siswa selama berlangsungnya pembelajaran dan tes pada setiap akhir siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika siswa kelas VIII-D SMP Negeri 1 Raman Utara tahun pelajaran 20010/2011. Hal ini terlihat dari presentase siswa aktif pada siklus I, II, dan III yaitu 47,8%, 64,95%, dan 71,45%. Sedangkan, presentase siswa tuntas pada siklus I, II, dan III adalah 53,6%, 53,6% dan 60,7%.