@unpublished{eprints15649, month = {Oktober}, title = {EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL}, school = {Universitas Lampung}, author = {Leonardo Agung Hermawan 0643021033}, year = {2010}, url = {http://digilib.unila.ac.id/15649/}, abstract = { Hasil belajar matematika siswa kelas VIII semester ganjil SMP Sejahtera I Bandar Lampung tahun pelajaran 2010/2011 rendah. Persentase siswa tuntas belajar pada ulangan harian I siswa hanya sekitar 55,01 \%. Pembelajaran yang dilaksanakan oleh guru di kelas VIII tersebut belum efektif. Guru sudah menggunakan model pembelajaran berkelompok, tetapi dalam penyampaian materi guru masih teoritik dan kurang mengaitkan dengan kehidupan nyata. Pembelajaran dengan pendekat- an kontekstual perlu dilakukan untuk mengefektifkan pembelajaran matematika di kelas VIII tersebut.. Penelitian ini menggunakan total sampel yaitu seluruh siswa kelas VIII semester ganjil SMP Sejahtera I Bandar Lampung. Efektifitas pembelajaran dilihat dari aktivitas belajar siswa, respon, dan hasil belajar siswa. Data penelitian diperoleh melalui observasi, pengisian angket, dan tes formatif. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi aktivitas, angket, dan perangkat tes formatif. Berdasarkan hasil analisis data diketahui bahwa persentase siswa aktif lebih dari 85\%, persentase siswa dengan respon positif terhadap pembelajaran lebih Leonardo Agung Hermawan dari 80\%, dan persentase siswa tuntas belajar pada pokok bahasan Fungsi lebih dari 70\%. Dengan demikian, pembelajaran matematika dengan pendekatan kontekstual efektif untuk diterapkan pada siswa kelas VIII semester ganjil SMP Sejahtera I Bandar Lampung tahun pelajaran 2010/2011.} }