TY - UNPB ID - eprints15650 UR - http://digilib.unila.ac.id/15650/ A1 - 12/11/2015, Mery Susanti Y1 - 2010/10/14/ N2 - Pembelajaran matematika di kelas X-4 SMA ARJUNA belum mencapai hasil yang memuaskan. Rata-rata nilai uji blok 1 baru mencapai 49 dan banyaknya siswa tuntas hanya mencapai 22,22% dari 18 siswa. Siswa kurang aktif dalam pembelajaran. Rendahnya hasil belajar diantaranya dipengaruhi oleh faktor penggunaan model pembelajaran yang kurang tepat. Apakah penerapan pembelajaran kooperatif tipe STAD pada siswa kelas X-4 SMA ARJUNA Bandar Lampung dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Pembelajaran dengan penerapan STAD ini dilakukan dalam tiga siklus, tiap siklusnya terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Data penelitian diperoleh melalui observasi dan tes. Persentase keaktivan siswa dan ketuntasan hasil belajar siswa mengalami peningkatan setiap siklusnya. Dan pada siklus III, indikator indikator keberhasilan yang diharapkan tercapai. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika siswa kelas X-4 SMA ARJUNA Bandar Lampung semester ganjil tahun pelajaran 2010/2011. PB - Universitas Lampung M1 - other TI - PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA AV - restricted ER -