%0 Thesis %9 Other %A 0643021039, MIKE SHELIANA %B FKIP %D 2010 %F eprints:15651 %I Universitas Lampung %T PERBANDINGAN EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DAN JIGSAW PADA POKOK BAHASAN STATISTIKA %U http://digilib.unila.ac.id/15651/ %X Model pembelajaran yang digunakan harus tumbuh dari suatu tradisi pendidikan yang menekankan berpikir dan latihan bertindak demokratis, pembelajaran yang menekan- kan siswa aktif, perilaku kooperatif, dan menghormati perbedaan dalam masyarakat multibudaya. Pembelajaran kooperatif berpijak pada beberapa karakteristik, yaitu belajar aktif, konstruktivis, dan perilaku kooperatif. Pembelajaran kooperatif tipe STAD dan Jigsaw merupakan pembelajaran dalam kelompok heterogen berdasarkan kemampuan. STAD diawali dengan guru mempresentasikan materi kemudian siswa bekerja dalam kelompok untuk mendalami materi yang diberikan. Sedangkan Jigsaw siswa bekerja dalam kelompok asal dan ahli, serta siswa mengkontruksi pengetahuan- nya sendiri. Dalam prakteknya masih banyak guru yang belum menerapkan pembelajaran ini. Guru lebih sering menggunakan pembelajaran langsung dan guru yang mendominasi proses pembelajaran, serta aktivitas pun terpusat pada guru yang berakibat pada hasil Mike Sheliana belajar siswa belum optimal. Hal ini terlihat pada Ujian Akhir Semester (UAS) siswa XI IPA MAN I Bandar Lampung semester ganjil tahun pelajaran 2009/2010. Siswa yang tuntas belajar ( memperoleh nilai lebih dari atau sama dengan 70 ) sebesar 51,49%. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran kooperatif tipe STAD dan Jigsaw pada pokok bahasan statistika. Selain itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tipe pembelajaran mana yang lebih efektif diantara STAD dan Jigsaw. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA MAN 1 Bandar Lampung. Sampel diambil secara acak dan diperoleh kelas XI IPA 3 dan XI IPA 4. Berdasarkan hasil analisis data aktivitas siswa, respon siswa, dan hasil belajar siswa pada pembelajaran kooperatif tipe STAD dan Jigsaw diketahui bahwa persentase siswa aktif lebih dari atau sama dengan 75%, persentase siswa yang memberikan respon positif lebih dari atau sama dengan 80%, dan persentase siswa tuntas belajar lebih dari atau sama dengan 75%. Dengan demikian pembelajaran kooperatif tipe STAD dan Jigsaw efektif diterapkan pada pokok bahasan statistika kelas XI IPA Semester Ganjil MAN 1 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2010/2011. Selain itu, diketahui pula bahwa pembelajaran koopetif tipe STAD dan Jigsaw tidak menunju- kan perbedaan yang nyata secara statistik pada pokok bahasan statistika kelas XI IPA Semester Ganjil MAN 1 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2010/2011.