%A GABRIELA SABATINI Mintoyo %T STUDI PERBANDINGAN HASIL BELAJAR EKONOMI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION DAN GROUP INVESTIGATION DENGAN MEMPERHATIKAN KEMAMPUAN AWAL SISWA %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Ada tidaknya perbedaan hasil belajar ekonomi antara siswa yang pembelajarannya menggunakan model kooperatif TAI dengan model kooperatif GI. 2) Perbedaan hasil belajar ekonomi antara siswa yang memiliki kemampuan awal tinggi, sedang, dan rendah. 3) Perbedaan hasil belajar ekonomi antarmodel pembelajaran dan antarkemampuan awal (tinggi, sedang, rendah) siswa. 4) Interaksi antara model kooperatif tipe TAI dengan model kooperatif tipe GI dan antara siswa yang memiliki kemampuan awal tinggi, sedang dan rendah terhadap hasil belajar ekonomi. 5) Perbedaan efektivitas antara model kooperatif tipe TAI dan model kooperatif tipe GI. Penelitian ini tergolong penelitian eksperimen dengan pendekatan komparatif. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Sumberjaya Tahun Pelajaran 2013/2014 berjumlah 140 siswa. Sampel yang diambil menggunakan teknik cluster random sampling berjumlah 2 kelas (XI IPS 1 dan XI IPS 3). Instrumen penelitian berupa tes (pre test dan post test). Pengujian hipotesis menggunakan rumus anava dua jalur dan efektivitas manual. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan: (1) Tidak ada perbedaan hasil belajar ekonomi antara siswa yang pembelajarannya menggunakan model TAI dengan model GI, diperoleh Fhitung = 0,204< Ftabel = 3,13. 2) Ada perbedaan hasil belajar ekonomi antara siswa yang memiliki kemampuan awal tinggi, sedang dan rendah, diperoleh Fhitung = 12,194 > Ftabel = 3,13. (3) Ada perbedaan hasil belajar ekonomi antarmodel pembelajaran dan antarkemampuan awal (tinggi, sedang, rendah) siswa, diperoleh Fhitung = 5,192 > Ftabel = 3,13 (4) Tidak ada interaksi antara model kooperatif tipe TAI dengan model kooperatif tipe GI dan antara siswa yang memiliki kemampuan awal tinggi, sedang, dan rendah terhadap hasil Gabriela Sabatini belajar ekonomi, diperoleh Fhitung = 0,693 > Ftabel = 3,13. (5) Ada perbedaan efektivitas antara model kooperatif tipe TAI dengan model kooperatif tipe GI, diperoleh ? TAI = 17,34 < ? GI = 18,47 dan efektivitas sebesar 0,939. Kata kunci: Hasil Belajar, Model Pembelajaran, TAI, GI, Kemampuan Awal %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2014 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %L eprints1566