@unpublished{eprints15679, month = {Nopember}, title = {PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMANDU ACARA MELALUI PENERAPAN TEKNIK PELATIHAN PADA SISWA KELAS VIII -1 SEMESTER GENAP SMP UTAMA 3 BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2009/2010}, school = {Universitas Lampung}, author = {WANISAH 0913066019}, year = {2010}, url = {http://digilib.unila.ac.id/15679/}, abstract = {Masalah yang dibahas dalam penelitian ini adalah proses pembel ajaran kemampuan memandu acara siswa rendah, nilai rata-rata 62,33. Hal ini belum mencapai KKM yang dtentukan yaitu 65,00. Berdasarkan masalah tersebut, penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan proses dan hasil pembelajaran kemampuan memandu acara dengan menggunakan teknik pelatihan, pada siswa kelas VIII-1 semester genap SMP Utama 3 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2009/2010, dengan subjek penelitian berjumlah 40 orang yang terdiri atas 22 putri dan 18 putra Penelitian ini menggunakan metode penelitian t indakan kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan sebanyak dua siklus, setiap siklus terdiri atas perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Pada siklus satu, pembelajaran memandu acara menerapkan teknik pelatihan secara kelompok, dan siklus dua, pembelajaran memandu acara menerapkan teknik pelatihan secara individu. Aspek yang yang diamati pada setiap Wanisah siklus adalah aktivitas siswa dan guru, serta proses pembel ajaran memandu acara dengan menerapkan teknik pelatihan. Hasil penelitian kemampuan memandu acara setiap siklus mengalami peningkatan. Pada siklus satu nilai rata-rata siswa 64,80 dengan persentase 67,50\%, siswa yang mencapai KKM 27 siswa, sedangkan siswa yang tidak mencapai KKM 13 siswa. Pada siklus dua nilai rata-rata siswa 70,70 dengan persentasi 80\%, siswa yang mencapai KKM 32 siswa, sedangkan yang tidak mencapai KKM 8 siswa. Berdasarkan indikator keberhasilan pada siklus dua, bahwa teknik pelatihan yang diterapkan dapat meningkatkan kemampuan memandu acara pada siswa kelas VIII -1 SMP Utama 3 Bandar Lampung.} }