?url_ver=Z39.88-2004&rft_val_fmt=info%3Aofi%2Ffmt%3Akev%3Amtx%3Adc&rft.title=ANALISIS+FINANSIAL+TERMINAL+INDUK+RAJABASA+BANDAR+LAMPUNG&rft.creator=0041021040%2C+YULIAN+HANDIKA&rft.subject=330+Ekonomi&rft.description=ABSTRAK%0D%0ASalah+satu+komponen+penting+untuk+menunjang+pertumbuhan+ekonomi+adalah+jaringan+prasarana++dasar+termasuk+prasarana+sistem+terminal+transportasi.++++Terminal+Induk+Rajabasa+Bandarlampung+adalah+terminal+tipe-A+yang+ada+di+Propinsi+Lampung%2C+dan+sebagai+konsekuensi+yang+harus+ditanggung+adalah+bahwa+terminal+ini+berfungsi+sebagai+pintu+gerbang+utama+arus+pergerakan+darat+di+Propinsi+Lampung.++Beberapa+kondisi+yang+menunjukkan+kegagalan+pengelolaan+Terminal+Induk+Rajabasa+Bandarlampung+adalah+kesemrawutan+arus+pergerakan+yang+terjadi+di+dalam+terminal%2C+masalah+keamanan+dan+kenyamanan+penumpang%2C+kekumuhan%2C+kasus+percaloan+bahkan+sudah+mengarah+ke+tindak+kriminal%2C+munculnya+terminal-terminal+bayangan+baik+yang+di+dalam+lingkungan+terminal+maupun+di+beberapa+ruas+jalan+di+luar+lingkungan+Terminal+Induk+Rajabasa+Bandarlampung.++Berdasarkan+paparan+kondisi+di+atas%2C+kiranya+perlu+dilaksanakan+penataan+kembali+dari+Terminal+Induk+Rajabasa+Bandarlampung+sebagai+gerbang+Ibukota+Propinsi+Lampung+berkenaan+dengan+keteraturan+dan+kelengkapan+sarana+dan+prasarana.%0D%0APermasalahan+penulisan+skripsi+ini+adalah+apakah+pengembangan+Terminal+Induk+Rajabasa+Bandarlampung+layak+dilaksanakan+secara+finansial.+%0D%0ATujuan+penelitian+ini+adalah+ingin+mengetahui+kelayakan+pengembangan+Terminal+Induk+Rajabasa+Bandarlampung+secara+finansial.+%0D%0ABerdasarkan+permasalahan+yang+ada%2C+dapat+penulis+kemukakan+hipotesis+bahwa+pengembangan+Terminal+Induk+Rajabasa+Bandarlampung+layak+untuk+dilaksanakan+secara+finansial.++Untuk+membuktikan+hipotesis+tersebut%2C+penulis+menggunakan+Benefit+Cost+Ratio+(BCR)%2C+Internal+Rate+of+Return+(IRR)%2C+dan+Net+Present+Value+(NPV).+++Hasil+analisis+finansial+memperlihatkan+bahwa+masing-masing+alternatif+pengembangan+layak+untuk+dilaksanakan.++Adapun+komponen-komponen+yang+mencakup+di+dalamnya+adalah%3A+total+investasi+pada+alternatif+I+adalah+sebesar+Rp.9.402.109.200%2C00+dan+pada+alternatif+II+adalah+sebesar+Rp.15.856.255.800%2C00.++Biaya+pemeliharaan+per+2+tahun+pada+alternatif+I+dan+alternatif+II+adalah+masing-masing+Rp.100.000.000%2C00+yang+dimulai+dari+tahun+kelima.++Besarnya+perbandingan+manfaat+biaya+(BCR)+pada+alternatif+I+adalah+sebesar+1%2C87+dan+pada+alternatif+II+adalah+sebesar+1%2C12.++Tingkat+pengembalian+(IRR)+pada+alternatif+I+adalah+sebesar+13%2C00+%25+dan+pada+alternatif+II+adalah+sebesar+5%2C00+%25.++Nilai+bersih+sekarang+(NPV)+pada+alternatif+I+adalah+Rp.6.721.270.215%2C00+dan+pada+alternatif+II+adalah+sebasar+Rp.574.463.930%2C23.++Periode+pengembalian+investasi+pada+alternatif+I+adalah+9%2C30+tahun+dan+pada+alternatif+II+adalah+14%2C90+tahun.++Hal+ini+membuktikan+bahwa+pengembangan+Terminal+Induk+Rajabasa+Bandarlampung+layak+untuk+dilaksanakan+secara+finansial%2C+dan+masih+memungkinkan+untuk+dikembangkan+sampai+tahun+2024.++Melalui+pengembangan+ini%2C+potensi+Terminal+Induk+Rajabasa+Bandarlampung+sebagai+salah+satu+terminal+Tipe-A+masih+mampu+bersaing+untuk+menjadi+salah+satu+sumber+pendapatan+asli+daerah+(PAD)+Kota+Bandarlampung.%0D%0A&rft.publisher=FAKULTAS+EKONOMI+DAN+BISNIS&rft.date=2010&rft.type=Skripsi&rft.type=PeerReviewed&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F15687%2F3%2F0041021040-abstract.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F15687%2F1%2F0041021040-abstrak.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F15687%2F2%2F0041021040-kesimpulan.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F15687%2F4%2F0041021040-pendahuluan.pdf&rft.identifier=++0041021040%2C+YULIAN+HANDIKA++(2010)+ANALISIS+FINANSIAL+TERMINAL+INDUK+RAJABASA+BANDAR+LAMPUNG.++FAKULTAS+EKONOMI+DAN+BISNIS%2C+UNIVERSITAS+LAMPUNG.+++++&rft.relation=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F15687%2F