creators_name: 0813022023, Diana Asmayanti type: article datestamp: 2015-12-18 07:25:37 lastmod: 2015-12-18 07:25:37 metadata_visibility: show title: PERBANDINGAN HASIL BELAJAR FISIKA MENGGUNAKAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR AND SHARE (TPS) DAN TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) ispublished: pub subjects: General full_text_status: restricted abstract: Penerapan model pembelajaran kooperatif pada pembelajaran fisika dapat menciptakan interaksi yang baik bagi siswa dalam memahami materi pelajaran. Terdapat beberapa model pembelajaran kooperatif di antaranya Think Pair and Share (TPS) dan Team Assisted Individualization (TAI). Penerapan kedua tipe model pembelajaran ini menghasilkan hasil belajar kognitif yang berbeda. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan nilai hasil belajar fisika siswa, menggunakan pembelajaran kooperatif tipe TPS dan tipe TAI serta mengetahui perolehan nilai hasil belajar fisika siswa manakah yang lebih tinggi menggunakan pembelajaran kooperatif tipe TPS atau tipe TAI. Desain penelitian ini adalah counterbalanced design. Teknik yang digunakan untuk menganalisis data hasil belajar kognitif menggunakan skor N-gain dan pengujian hipotesis menggunakan uji t (Independent Samples T- Test). Hasil penelitian diperoleh, N-gain rata-rata hasil belajar kognitif siswa yang diberi model pembelajaran TPS sebesar 0,612 dengan kategori sedang. Sedangkan pada siswa yang diberi model pembelajaran TAI N-gain rata-rata hasil belajar kognitif siswa sebesar 0,684 dengan katergori sedang. Perbedaan rata-rata N-gain hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran tipe TPS dan tipe TAI adalah sebesar 0,072. Hasil penelitian memperlihatkan adanya perbedaan hasil belajar fisika antara siswa yang diberikan model pembelajaran Think Pair and Share (TPS) dengan model pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI), dimana hasil belajar kognitif siswa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) lebih tinggi daripada hasil belajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair and Share (TPS). date: 2012-03-19 date_type: published publication: Digital Library refereed: TRUE citation: 0813022023, Diana Asmayanti (2012) PERBANDINGAN HASIL BELAJAR FISIKA MENGGUNAKAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR AND SHARE (TPS) DAN TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI). Digital Library. document_url: http://digilib.unila.ac.id/15689/1/COVER%20LUAR.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/15689/2/ABSTRAK.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/15689/3/COVER%20DALAM.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/15689/4/MENYETUJUI.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/15689/5/MENGESAHKAN.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/15689/6/SURAT%20PERNYATAAN.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/15689/7/RIWAYAT%20HIDUP.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/15689/8/MOTTO.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/15689/9/PERSEMBAHAN.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/15689/10/SANWACANA.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/15689/11/DAFTAR%20ISI.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/15689/12/DAFTAR%20GAMBAR.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/15689/13/DAFTAR%20TABEL.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/15689/14/BAB%20I.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/15689/15/BAB%20II.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/15689/16/BAB%20III.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/15689/17/BAB%20IV.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/15689/18/BAB%20V.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/15689/19/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf