%A NOVI ROKAYAH Suparman %T PENGARUH KEMANDIRIAN DAN SIKAP BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR IPS TERPADU SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 PUNGGUR TAHUN PELAJARAN 2012/2013 %X Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kemandirian belajar dan sikap belajar terhadap hasil belajar IPS Terpadu siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Punggur Tahun Pelajaran 2012/2013. Jumlah populasi secara keseluruhan adalah 237 orang yang terdiri dari siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Punggur. Dengan menggunakan rumus T. Yamane dengan probability sampling didapat sampel sebanyak 149 orang. Alat pengumpulan data dalam penelitian ini adalah angket. Metode yang digunakan adalah penelitian verifikatif dengan pendekatan ex post facto dan survei. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, angket, dan dokumentasi. Sedangkan, teknik analisis data menggunakan analisis regresi linier sederhana dan multipel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh kemandirian belajar dan sikap belajar terhadap hasil belajar IPS Terpadu siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Punggur Tahun Pelajaran 2012/2013. Hal ini ditunjukkan dengan koefisien korelasi (R) = 0,574 dan koefisien determinasi (R2) = 0,329, yang berarti hasil belajar IPS Terpadu siswa dipengaruhi oleh kemandirian belajar dan sikap belajar sebesar 32,9%; sisanya dipengaruhi oleh faktor lain. Berdasarkan analisis data diperoleh kesimpulan sebagai berikut: 1) Ada pengaruh kemandirian belajar terhadap hasil belajar IPS Terpadu siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Punggur Tahun Pelajaran 2012/2013, 2) Ada pengaruh sikap belajar terhadap hasil belajar IPS Terpadu siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Punggur Tahun Pelajaran 2012/2013, 3) Ada pengaruh kemandirian belajar dan sikap belajar terhadap hasil belajar IPS Terpadu siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Punggur Tahun Pelajaran 2012/2013. Kata Kunci: Kemandirian belajar, Sikap belajar, dan Hasil Belajar %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2014 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %L eprints1569