%A 111011025 BAYU PRASETYA NUGROHO %T PENGARUH BAURAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN GAWAI PADA PT GLOBAL TELESHOP DI BANDAR LAMPUNG %X Peningkatan taraf hidup dan gaya hidup masyarakat yang sangat beragam sekarang ini, membuat perusahaan harus dapat menciptakan produk yang kreatif serta inovatif dan mengikuti perkembangan teknologi. Semakin tinggi persaingan yang harus dihadapi oleh semua pihak terutama pihak perusahaan selaku retailer, menjadikan perusahaan dituntut meningkatkan strategi pemasaran agar menjadi pilihan konsumen. Salah satu strategi yang dilakukan adalah memanfaatkan bauran promosi sebagai upaya untuk mencapai tujuan perusahaan memperkenalkan produk yang ditawarkan kepada konsumen agar melakukan pembelian. Perusahaan dituntut untuk mengembangkan strategi pemasaran yang bertujuan agar menjadi pilihan konsumen, salah satu strategi pemasaran yang dilakukan ialah dengan meningkatkan promosi, adanya peningkatan strategi perusahaan dengan cara promosi yang tepat diharapkan mampu memberikan dampak yang positif yaitu pada perusahaan. Bauran promosi yang dilakukan ialah periklanan, penjualan personal, promosi penjualan, hubungan masyarakat, dan pemasaran langsung, diharapkan mampu menjadi pilihan konsumen. Permasalahan dalam penelitian ini adalah terdapat masalah penjualan yang menurun selama 3 Tahun pada PT Global Teleshop di Bandar Lampung. Hasil dari penilitian bauran promosi ini akan bermanfaat untuk PT Global Teleshop sebagai referensi akan pentingnya bauran promosi untuk keputusan pembelian, dikarenakan tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh bauran promosi terhadap keputusan pembelian PT Global Teleshop di Bandar Lampung. Ada beberapa variabel bauran promosi yang dapat mempengaruhi keputusan pembelian Bayu Prasetya Nugroho pada PT Global Teleshop yakni periklanan, penjualan personal, promosi penjualan, hubungan masyarakat, dan pemasaran langsung. Hipotesis penelitian ini adalah terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara bauran promosi yang terdiri dari periklanan, penjualan personal, promosi penjualan, hubungan masyarakat, dan pemasaran langsung terhadap keputusan pembelian gawai pada PT Global Teleshop di Bandar Lampung Teknik pengambilan sampel dengan purposive sampling terhadap 100 orang yang berusia 17 tahun keatas dan konsumen yang sudah membeli gawai di PT Global Teleshop di Bandar Lampung. Uji instrumen dilakukan dengan uji validitas dan uji reliabilitas. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi berganda. Hasil uji t diketahui bahwa, variabel bauran promosi (X) yang terdiri dari periklanan (X1), penjualan personal (X2), promosi penjualan (X3), hubungan masyarakat (X4), dan pemasaran langsung (X5) berpengaruh secara parsial dan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian (Y). Pengaruh paling besar terhadap keputusan pembelian (Y) ialah promosi penjualan (X3) sebesar 5,397 dan yang paling kecil pengaruhnya ialah penjualan personal (X2) yaitu 2,925. Diketahui bahwa hasil uji F yaitu F hitung > F Tabel (29,879 > 2,31), maka Ho ditolak dan Ha diterima. Hasil penelitian menunjukkan kontribusi bauran promosi terhadap keputusan pembelian berdasarkan koefisien determinasi R2 sebesar 0,614. Hal ini berarti sumbangan variabel X (bauran promosi) berperan dalam mempengaruhi setiap variabel Y (keputusan pembelian) sebesar 61,4% dan sisanya 38,6% dipengaruhi oleh faktor lain seperti harga, produk dan distribusi. Saran untuk PT Global Teleshop sebaiknya mempertahankan keunggulan dari bauran promosi yaitu promosi penjualan yang sudah dilakukan seperti memberikan bonus, cashback, dan garansi kepada pelanggan semuanya sudah dilakukan dengan baik. Selain itu, PT Global Teleshop harus lebih memperhatikan bauran promosi yaitu penjualan personal, contohnya seperti penjelasan yang komunikatif kepada pelanggan atau menjelaskan produk drngan bahasa yang mudah dimengerti sehingga tidak merasa bingung saat membeli, dan sebaiknya menambahkan kursi atau tempat duduk didalam PT Global Teleshop, agar pelanggan yang datang dan mengantri serta ingin mencoba barang contoh uji coba gawai tidak berdiri saat toko sedang ramai. Kata Kunci : Pengaruh Bauran Promosi, Keputusan Pembelian %C Universitas Lampung %D 2015 %I Fakultas Ekonomi dan Bisnis %L eprints15694