%A ERFAN KURNIAWAN 0613031020 %J Digital Library %T HUBUNGAN ANTARA STATUS SOSIAL EKONOMI ORANG TUA DAN MOTIVASI BERPRESTASI SISWA DENGAN PRESTASI BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS XI IPS SEMESTER GANJIL DI SMA NEGERI 4 BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2010/2011 %X Abstrak prestasi belajar adalah hasil yang dicapai seseorang setelah melalui proses pembelajaran. Keberhasilan seseorang dalam pencapaian hasil belajar disebabkan oleh beberapa faktor, yaitu faktor yang berasal dari dalam diri orang yang belajar (internal) dan ada pula yang berasal dari luar dirinya (eksternal). Secara tidak langsung status sosial ekonomi orang tua dan motivasi berprestasi siswa mempunyai kontribusi terhadap kemampuan dan prestasi akademik atau prestasi belajar siswa. Hal ini didasarkan pada kenyataan bahwa sekolah merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari suatu sistem sosial. Penelitian ini bertujuan: 1. Untuk mengetahui hubungan antara status sosial ekonomi orang tua dengan prestasi belajar ekonomi siswa kelas XI IPS semester ganjil di SMA Negeri 4 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2010/2011 2. Untuk mengetahui hubungan antara motivasi berprestasi siswa dengan prestasi belajar ekonomi siswa kelas XI IPS semester ganjil di SMA Negeri 4 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2010/2011 3. Untuk mengetahui hubungan antara status sosial ekonomi orang tua dan motivasi berprestasi siswa dengan prestasi belajar ekonomi siswa kelas XI IPS semester ganjil di SMA Negeri 4 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2010/2011 Jenis penelitian ini adalah deskriptif.Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah ex post facto yang mengambil sampel dari populasi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS SMA Negeri 4 Bandar Lampung yang berjumlah 1 56 siswa, dan sampel dalam penelitian ini adalah 112 siswa. Pengujian untuk hipotesis pertama dan kedua menggunakan statistik t dengan kriteria pengujian tolak Ho jika t hitung > t table dimana dk = n ? 2 dan ? ? 0,05 , sedangkan pengujian untuk hipotesis ketiga digunakan rumus korelasi ganda/multiple dilanjutkan dengan uji statistik F dengan Kriteria pengujian tolak Ho jika F hitung > F tabel, terima Ho jika F hitung < F tabel dimana dk = n-k-1 dan ? ? 0,05 . Berdasarkan analisis diperoleh hasil penelitian yang menunjukkan bahwa: 1. Ada hubungan antara status sosial ekonomi orang tua dengan prestasi belajar siswa kelas XI IPS semester ganjil di SMA Negeri 4 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2010/2011, dengan t hitung sebesar 5,308 > t tabel sebesar 1,982 dengan koefisien korelasi sebesar 0,452 dengan kadar determinasi sebesar 0,204 , yang berarti kontribusi status sosial ekonomi terhadap prestasi belajar sebesar 20,4% dan sisanya 79,6% oleh faktor lain. 2. Ada hubungan antara motivasi berprestasi siswa dengan prestasi belajar siswa kelas XI IPS semester ganjil di SMA Negeri 4 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2010/2011, dengan t hitung sebesar 6,810 > t tabel sebesar 1,982 dengan koefisien korelasi sebesar 0,545 dengan kadar determinasi sebesar 0,297, yang berarti prestasi belajar Ekonomi siswa kelas XI dipengaruhi oleh motivasi berprestasi siswa sebesar 29,7% dan sisanya 70,3 % dipengaruhi oleh faktor lain. 3. Ada hubungan antara status sosial ekonomi orang tua dan motivasi berprestasi siswa dengan prestasi belajar siswa kelas XI IPS semester ganjil di SMA Negeri 4 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2010/2011, dengan F hitung sebesar 42,311 > t tabel sebesar 3,080 dengan koefisien korelasi sebesar 0,661 dengan kadar determinasi sebesar 0,437 atau 43,7% prestasi belajar Ekonomi siswa kelas XI IPS dipengaruhi oleh status sosial ekonomi orang tua dan motivasi berprestasi siswa, sisanya 56,3% dipengaruhi oleh variabel lain. %D 2011 %L eprints15712