%0 Generic %A Mat Nawawi, Rika Melia Sari %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2014 %F eprints:1572 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %T STUDI PERBANDINGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DENGAN STUDENTS TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII SEMESTER I MATA PELAJARAN IPS TERPADU SMP NEGERI 1 BATANGHARI TAHUN PELAJARAN 2013/2014 %U http://digilib.unila.ac.id/1572/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) apakah ada perbedaan rata-rata hasil belajar IPS Terpadu menggunakan model pembelajaran tipe Jigsaw dengan tipe STAD (Student Teams Achievement of Division). 2) apakah rata-rata hasil belajar IPS Terpadu menggunakan model pembelajaran tipe Jigsaw lebih tinggi dibandingkan dengan tipe STAD (Student Teams Achievement of Division). Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan pendekatan komparatif. Alat pengumpul data berupa tes pilihan ganda sebanyak 40 soal kepada 54 siswa. Hasil penelitian menunjukkan; a) terdapat perbedaan rata-rata hasil belajar IPS Terpadu menggunakan model pembelajaran tipe Jigsaw dengan tipe STAD. Berdasarkan analisis data diperoleh signifikan 2,09 > 1,67 berarti hipotesis diterima. Dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa menggunakan tipe Jigsaw dengan tipe STAD (Students Team Achievement of Division). b) rata-rata hasil belajar IPS Terpadu menggunakan model pembelajaran tipe Jigsaw lebih tinggi dibandingkan dengan tipe STAD. Berdasarkan perbandingan rata-rata hasil belajar yaitu 78,70 > 74,33, berarti hipotesis diterima. Dapat disimpulkan bahwa rata-rata hasil belajar IPS Terpadu menggunakan model pembelajaran tipe Jigsaw lebih tinggi dibandingkan dengan tipe STAD (Students Team Achievement of Division). Kata kunci : Hasil belajar, Jigsaw, STAD (Student Teams Achievement of Division).