%0 Journal Article %A 0823011026, E R M A %F eprints:15724 %J Digital Library %T EVALUASI KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU SEKOLAH DASAR NEGERI 1 LANGKAPURA KECAMATAN KEMILING BANDAR LAMPUNG %U http://digilib.unila.ac.id/15724/ %X Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan: (1) Kompetensi pedagogik guru SDN 1 Langkapura dalam perencanaan pembelajaran (2) Kompetensi pedagogik guru SDN 1 Langkapura dalam pelaksanaan pembelajaran (3) Kompetensi pedagogik guru SDN 1 Langkapura dalam evaluasi hasil belajar. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah penelitian evaluatif. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan dokumentasi. Data selanjutnya dianalisis dengan membandingkan data temuan penelitian dengan kategori yang telah dibuat, kemudian dilakukan analisis sebagai dasar untuk membuat kesimpulan. Hasil penelitian yang dilakukan terhadap lima orang guru SDN 1 Langkapura menunjukkan: (1) perencanaan pembelajaran oleh guru masuk dalam kategori baik, meliputi kejelasan perumusan tujuan pembelajaran, pemilihan bahan ajar, pengorganisasian bahan ajar, pemilihan sumber/media pembelajaran, kejelasan scenario, kerincian skenario, kesesuaian teknik dengan pembelajaran dan kelengkapan instrumen pembelajaran. (2) pelaksanaan pembelajaran oleh guru masuk dalam kategori baik, yang meliputi penggunaan metode, media dan sarana pembelajaran. Guru Sekolah sudah melakukan memulai pembelajaran dengan pendahuluan, pembukaan, kegiatan inti dan penutup. (3) evaluasi pembelajaran oleh guru masuk dalam kategori baik, yang mencakup program dan pelaksanaan remedial, melaksanakan penilaian afektif kepribadian dan melaksanakan penilaian kemampuan motorik. Kata Kunci: Evaluasi, Kompetensi Pedagogik, Perencanaan, Pelaksanaan, Evaluasi. The purpose of this study are to describe: (1) Teachers' pedagogic competence in planning SDN 1 Langkapura learning (2) Teachers' pedagogic competence in the implementation of SDN 1 Langkapura learning (3) Teachers' pedagogic competence SDN 1 Langkapura in the evaluation of learning outcomes. The research approach used is an evaluative study. Data was collected through observation and documentation. The data were then analyzed by comparing the data with the categories of research findings that have been made, then do the analysis as a basis for making conclusions. The results on five teacher on SDN 1 Langkapura indicate that: (1) planning of learning by teachers has been implemented in good category, including the clarity of the formulation of learning objectives, materials selection, organizing materials, selection of sources/media learning, scenario clarity, detail of the scenario, the suitability and completeness of the technique by learning an instrument learning. (2) implementation of learning by teachers has been implemented in good category, which includes the use of method, media and means of learning. School teachers have done to start learning with the introduction, opening, and cover the core activities. (3) evaluation of learning by teachers has been implemented in good category, which includes the program and implementation of remedial, carry out assessments and implement affective personality assessment of motoric skills. Keywords: Evaluation, Pedagogic Competence, Planning, Implementation, Evaluation