@article{eprints15729, title = {STUDI PERBANDINGAN HASIL BELAJAR EKONOMI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN TIPE JIGSAW DAN TIPE MAKE A MATCH PADA SISWA KELAS X SEMESTER GANJIL SMA NEGERI 1 PAGAR DEWA TAHUN PELAJARAN 2011/2012 }, author = {SIGIT SUKENDRO 0853031042}, journal = {Digital Library}, url = {http://digilib.unila.ac.id/15729/}, abstract = {Hasil belajar merupakan salah satu indikator keberhasilan pencapaian tujuan pembelajaran. Rendahnya hasil belajar ekonomi siswa kelas X SMA N 1 Pagar Dewa dipengaruhi oleh banyak faktor yaitu kurangnya keaktifan siswa serta kurangnya variasi dalam menggunakan model pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan hasil belajar ekonomi antara siswa yang diberi model pembelajaran tipe Jigsaw dan tipe Make a match. Metode yang digunakan dalam dalam penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan pendekatan komparatif. Populasi dalam penelitian berjumlah 205 orang siswa dengan jumlah sampel sebanyak 68 siswa. Teknik sampling dalam penelitian ini adalah clutser random sampling. Teknik pengambilan data yaitu observasi, dokumentasi, dan tes. Pengujian hipotesis 1 dan 4 menggunakan rumus analisis varian dua jalan dan pengujian hipotesis 2 dan 3 menggunakan rumus t-test dengan rumus sparated varian. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1. Fhitung {\ensuremath{>}} Ftabel yaitu (11,377) {\ensuremath{>}} (4,085) dengan demikian Ho ditolak dan Ha diterima. Sehingga, dapat disimpulkan bahwa hasil belajar ekonomi antara siswa yang diberikan model pembelajaran tipe Jigsaw lebih tinggi daripada siswa yang diberikan model pembelajaran tipe Make a match 2. Thitung {\ensuremath{>}} Ttabel yaitu (3,605) {\ensuremath{>}} (2,086) dengan demikian Ho ditolak dan Ha diterima. Sehingga, dapat disimpulkan bahwa hasil belajar ekonomi antara siswa yang memiliki kemampuan awal tinggi yang diberikan model pembelajaran tipe Jigsaw lebih tinggi daripada siswa yang diberikan model pembelajaran tipe Make a match 3. Thitung {\ensuremath{<}} Ttabel yaitu (1,452) {\ensuremath{<}} (2,086) dengan demikian Ho diterima dan Ha ditolak. Sehingga, dapat disimpulkan bahwa hasil belajar ekonomi antara siswa yang memiliki kemampuan awal rendah yang diberikan model pembelajaran tipe Jigsaw lebih tinggi daripada siswa yang diberikan model pembelajaran tipe Make a match 4. Fhitung {\ensuremath{<}} Ftabel yaitu (1,194) {\ensuremath{<}} (4,085) dengan demikian Ho diterima dan Ha ditolak. Sehingga, dapat disimpulkan bahwa tidak ada interaksi antara model pembelajaran dengan kemampuan awal siswa pada mata pelajaran ekonomi. Kata Kunci: Hasil Belajar, Model Pembelajaran tipe Jigsaw dan Make a match Serta Kemampuan Awal. } }