@article{eprints15733, month = {Januari}, title = {PENINGKATAN HASIL BELAJAR GERAK DASAR BERGULING DEPAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE PEMBELAJARAN BAGIAN PER BAGIAN DAN KESELURUHAN PADA SISWA KELAS V D SEKOLAH DASAR NEGERI 2 RAWA LAUT BANDAR LAMPUNG}, author = {Junita Frensiska 1013068022}, year = {2012}, journal = {Digital Library}, url = {http://digilib.unila.ac.id/15733/}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan gerak dasar guling depan pada senam lantai menggunakan metode pembelajaran bagian dan metode keseluruhan pada siswa kelas V D SD Negeri 2 Rawa Laut Bandar Lampung. Jenis penelitian yang digunakan adalah metode kaji tindak dengan menggunakan pedoman penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) CAR. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V D SD Negeri 2 Rawa Laut Bandar Lampung yang berjumlah 36 siswa. Teknik pengumpulan data untuk meningkatkan kemampuan dasar guling depan pada senam lantai menggunakan indikator-indikator dari penilaian keterampilan dasar guling depan, bentuk indikatornya adalah: (1) Tahap persiapan (2) Tahap gerak atau pelaksanaan (3) Akhir gerak. Adopsi dari Roji (2007:112). Penelitian ini dilakukan sebanyak dua siklus, di antaranya pada siklus pertama menggunakan metode bagian dengan tingkat efektivitasnya sebesar 23,84 \%, yang artinya tindakan belum efektif sehingga harus melanjutkan pada siklus yang kedua. Pada siklus ke dua menggunakan metode keseluruhan dengan tingkat efektivitas sebesar 54,54\%. Berdasarkan data di atas, dapat disimpulkan penelitian ini telah efektif setelah dilakukan selama dua siklus. Implikasi dari penelitian ini adalah pembelajaran senam lantai dengan perlakuan gerak dasar guling depan dapat ditingkatkan menggunakan metode pembelajaran bagian dan metode keseluruhan. Dalam penelitian ini juga diharapkan dapat meningkatkan kreatifitas para pendidik untuk menerapkan kedua metode pembelajaran di atas. } }