%A Dwi Ervina Winata 1023011018 %J Digital Library %T PERBEDAAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING DAN POBLEM BASED LEARNING DENGAN KEMAMPUAN AWAL PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 1 GUNUNG TERANG BANDAR LAMPUNG %X Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: (1) interaksi antara pembelajaran inkuiri terbimbing dan Problem Based Learning (PBL) dengan kemampuan awal siswa terhadap hasil belajar IPA (2) perbedaan rata-rata hasil belajar IPA siswa yang pembelajarannya menggunakan inkuiri terbimbing dan PBL (3) perbedaan rata-rata hasil belajar IPA yang pembelajarannya menggunakan inkuiri terbimbing dan PBL pada siswa berkemampuan awal tinggi (4) perbedaan rata-rata hasil belajar IPA yang pembelajarannya menggunakan inkuiri terbimbing dan PBL pada siswa berkemampuan awal rendah. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan rancangan faktorial 2x2. Sampel penelitian yaitu siswa kelas V, berjumlah 50 siswa. Teknik pengambilan sampel dengan total sampling. Data yang diperoleh diolah dengan analisis varians dua jalur dan uji beda mean. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan: (1) ada interaksi antara pembelajaran inkuiri terbimbing dan PBL dengan kemampuan awal siswa terhadap hasil belajar IPA (FAB= 14,274 dengan p < 0,05); (2) pencapaian hasil belajar IPA siswa yang pembelajarannya menggunakan inkuiri terbimbing (?A1= (65,6) lebih tinggi dibandingkan dengan PBL ?A2= (64,2); (3) untuk siswa yang memiliki kemampuan awal tinggi, hasil belajar IPA siswa yang belajar dengan pembelajaran PBL lebih tinggi daripada siswa yang belajar dengan pembelajaran inkuiri terbimbing ?A2B1= (80,4 > ?A1B1= (68,8); (4) untuk siswa yang memiliki kemampuan awal rendah, hasil belajar IPA siswa yang belajar dengan pembelajaran inkuiri terbimbing lebih tinggi daripada siswa yang belajar dengan pembelajaran PBL ?A1B2= (62,4) > ?A2B2 = (48,8). Kata kunci: inkuiri terbimbing, PBL, kemampuan awal The aims of this reseach are to analyse: (1) interaction between learning guided inquiry and Problem Based Learnig (PBL) with initial ability student toward Science learning outcomes; (2) the mean difference of Science learning outcomes to students that use guided inquiry learning and PBL; (3) the mean difference of Science learning outcomes that use guided inquiry learning and PBL to high initial ability student; (4) the mean difference of Science learning outcomes that use guided inquiry learning and PBL to low initial ability student. This research uses experimental method with 2x2 factorial design. The sample of this research is 50 students of primary 5. The sampling technique which used in this research is total sampling. The data which is received will be processed by using analysis of variant two ways and mean difference test. The result shows that: (1) there is an interaction between learning guided inquiry and PBL with student initial ability toward Science learning outcomes (FAB = 14.274 with p < 0.05); (2) overall, Science learning outcomes to students who learn by guided inquiry learning are higher than the students who learn by PBL ?A1= (65,6) > ?A2= (64,2); (3) for students who have high initial ability, the Science learning outcomes to students who learn by PBL are higher than the students who learn by guided inquiry learning ?A2B1= (80,4 > ?A1B1= (68,8); (4) for students who have low initial ebility, the Science learning outcomes to students who learn by guided inquiry learning are higher than the students who learn by PBL ?A1B2= (62,4) > ?A2B2 = (48,8). Key words: guided inquiry, PBL, prior knowledge %L eprints15756