?url_ver=Z39.88-2004&rft_val_fmt=info%3Aofi%2Ffmt%3Akev%3Amtx%3Adc&rft.title=PERANAN+STANDAR+PELAYANAN+MINIMAL+(SPM)+BIDANG+KESEHATAN+TERHADAP+KINERJA+PELAYANAN+KESEHATAN+%0D%0ADI+PUSKESMAS+KECAMATAN+PANJANG%0D%0A&rft.creator=0311021033%2C+Bina+Miliarsih&rft.subject=330+Ekonomi&rft.description=ABSTRAK%0D%0AStandar+Pelayanan+Minimal+(SPM)+adalah+suatu+standar+dengan+batas-batas+untuk+mengukur+kinerja+penyelenggaraan+kewenangan+wajib+daerah+yang+berkaitan+dengan+pelayanan+dasar+kepada+masyarakat+yang+mencakup+jenis+pelayanan%2C+indikator+dan+nilai.+Berdasarkan+Keputusan+Menteri+Kesehatan+RI+Nomor+1457+Tahun+2003+Tentang+Standar+Pelayanan+Minimal+Bidang+Kesehatan+di+kabupaten%2Fkota+bahwa+pelayanan+dasar+kepada+masyarakat+adalah+fungsi+pemerintah+dalam+memberikan+dan+mengurus+keperluan+kebutuhan+dasar+masyarakat+untuk+meningkatkan+taraf+hidup+kesejahteraan+rakyat+dan+SPM+adalah++tolak+ukur+kinerja+pelayanan+kesehatan+yang+diselenggarakan+daerah.+Kota+Bandar+Lampung+merupakan+Ibukota+provinsi+yang+diberikan+wewenang+menyelenggarakan+SPM+Bidang+Kesehatan.%0D%0A%0D%0ABerdasarkan+uraian+tersebut%2C+maka+permasalahan+yang+diajukan+adalah+%E2%80%9CSarana+dan+prasarana%2C+fasilitas+serta+tenaga+kesehatan+puskesmas+yang+berada+di+Kecamatan+Panjang+cukup+baik+dibandingkan+dengan+kecamatan+lainnya%2C+namun+kenyataannya+capaian+kinerjanya+kurang+baik+sehingga+ingin+diteliti+faktor-faktor+apa+saja+yang+menjadi+penyebab+capaian+kinerjanya+kurang+baik+pada+tahun+2004%2C+2005%2C+2007+serta+2008+namun+pada+tahun+2006+capaian+kinerjanya+membaik%E2%80%9D+(Tabel+3).+Adapun+tujuan+dari+penelitian+ini+adalah%2C+untuk+mengetahui+peranan+SPM+Bidang+Kesehatan+terhadap+kinerja+pelayanan+kesehatan+di+Kecamatan+Panjang+yang+diukur+melalui+tingkat+efektivitas+kinerja+pelayanan+kesehatan+Puskesmas+Kecamatan+Panjang+serta+ingin+ditelitinya+faktor-faktor+penyebab+kurang+baiknya+capaian+kinerja+Puskesmas+Kecamatan+Panjang.%0D%0A%0D%0APengukuran+kinerja+pelayanan+kesehatan+di+Puskesmas+Kecamatan+Panjang+dilihat+melalui+tingkat+kepuasan+dan+tingkat+efektivitas+kinerja+dengan+cara+menyebarkan+kuisioner+kepada+98+orang+sebagai+responden+yang+melakukan+pengobatan+ke+Puskesmas+Kecamatan+Panjang.+Berdasarkan+hasil+penyebaran+kuisioner+terhadap+98+orang+sebagai+responden%2C+pengukuran+tingkat+kepuasan+pasien+yang+termasuk+dalam+kategori+sangat+puas%2C+puas%2C+cukup+puas%2C+kurang+puas+dan+tidak+puas+dapat+ditarik+kesimpulan+bahwa+masyarakat+atau+pasien+yang+melakukan+pengobatan+di+Puskesmas+Kecamatan+Panjang+adalah+cukup+puas%2C+dengan+bobot+nilai+sebesar+3%2C1.+Sedangkan+dalam+pengukuran+kinerja+pelayanan+kesehatan+yang+termasuk+dalam+kategori+sangat+efektif%2C+efektif%2C+cukup+efektif%2C+kurang+efektif+dan+tidak+efektif+diperoleh+persentase+sebesar+61%2C97+%25.+Dengan+demikian+dapat+disimpulkan+bahwa+kinerja+pelayanan+kesehatan+di+Puskesmas+Kecamatan+Panjang+yang+diukur+melalui+tingkat+efektivitas+adalah+kurang+efektif.%0D%0A&rft.publisher=FAKULTAS+EKONOMI+DAN+BISNIS&rft.date=2010&rft.type=Skripsi&rft.type=PeerReviewed&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F15766%2F1%2F0311021033-abstrak.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F15766%2F2%2F0311021033-kesimpulan.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F15766%2F3%2F0311021033-pendahuluan.pdf&rft.identifier=++0311021033%2C+Bina+Miliarsih++(2010)+PERANAN+STANDAR+PELAYANAN+MINIMAL+(SPM)+BIDANG+KESEHATAN+TERHADAP+KINERJA+PELAYANAN+KESEHATAN+DI+PUSKESMAS+KECAMATAN+PANJANG.++FAKULTAS+EKONOMI+DAN+BISNIS%2C+UNIVERSITAS+LAMPUNG.+++++&rft.relation=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F15766%2F