%0 Journal Article %A 1023011027, Hermansyah %D 2013 %F eprints:15768 %J Digital Library %T EVALUASI PEMBELAJARAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI DI SMPN 2 GUNUNG LABUHAN KABUPATEN WAY KANAN %U http://digilib.unila.ac.id/15768/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pembelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) di SMPN 2 Gunung Labuhan Kabupaten Way Kanan, dan secara khusus bertujuan untuk menganalisis : (1) kondisi lingkungan pembelajaran TIK, (2) sarana dan prasarana yang mendukung dalam pelaksanaan proses pembelajaran TIK, (3) proses pembelajaran TIK yang dilakukan, dan (4) pencapaian hasil belajar TIK siswa di SMPN 2 Gunung Labuhan Kabupaten Way Kanan. Jenis penelitian ini dikategorikan sebagai penelitian evaluasi dan metode evaluasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah model Contexs, Input, Process, Product (CIPP). Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN 2 Gunung Labuhan Kabupaten Way Kanan Tahun Ajaran 2012/2013 yang berjumlah 181 orang siswa, dan sampel penelitian ditetapkan sebesar 25 % dari jumlah populasi, yaitu 45 orang siswa. Pengumpulan data dilakukan menggunakan metode observasi, dokumentasi, dan tes unjuk kerja. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa pembelajaran TIK di SMPN 2 Gunung Labuhan Kabupaten Way Kanan berhasil dengan baik dengan perolehan persentase sebesar 70,88%. Sedangkan secara khusus dapat disimpulkan hal-hal berikut: (1) evaluasi pada komponen context sebesar 58,62% dengan kategori cukup, (2) evaluasi pada komponen input sebesar 78,47% dengan kategori Baik, (3) evaluasi pada komponen proses sebesar 76,43% dengan kategori baik, dan (4) evaluasi pada komponen product sebesar 70,00% dengan kategori baik. Kata kunci : contexs, input, process, product, TIK. The purpose of this research are to evaluate Information Communication and Technology (ICT) study at SMPN 2 Gunung Labuhan Kabupaten Way Kanan, and specifically aim for analyze: (1) learning environment condition of ICT, (2) tool and infrastructure that support in learning process execution of ICT, (3) ICT learning process that done, and (4) ICT result achievement learns at SMPN 2 Gunung Labuhan Kabupaten Way Kanan. The genre of this research category is a quantitative evaluation research and evaluation method used in this research are Contexs, Input, Process, Product (CIPP) model. The Population is the entire students of VIII class SMPN 2 Gunung Labuhan Kabupaten Way Kanan in the year of 2012/2013 that consisted of 181 students, and the sample of the research appointeds as big as 25 % from population total, that is 45 students. The data that used in this research is gatherred to use observation method, documentation, and practice test. Data analysis technique that used in this evaluation is quantitative descriptive analysis. The evaluation result that ICT learning at SMPN 2 Gunung Labuhan Kabupaten Way Kanan success well with percentage result 70,88%. While specifically conclusion are : (1) evaluation in component context as big as 58,62% with enough category (2), evaluation in component input as big as 78,47% with good category (3), evaluation in process component as big as 76,43% with good category and (4) evaluation in component product as big as 70,00% with good category. Key word : contexs, input, process, product, ICT