?url_ver=Z39.88-2004&rft_val_fmt=info%3Aofi%2Ffmt%3Akev%3Amtx%3Adc&rft.title=STUDI+PERBANDINGAN+HASIL+BELAJAR+EKONOMI+SISWA+MELALUI+METODE+PEMBELAJARAN+GROUP+INVESTIGATION+DAN+PROBLEM+SOLVING+DENGAN+MEMPERHATIKAN+BENTUK+TES%0D%0A(+Studi+Pada+Siswa+Kelas+X+SMA+Negeri+1+Pulaupanggung+Tahun+Pelajaran+2012%2F2013)&rft.creator=Suhartono%2C+Angga+Praditya&rft.subject=HB+Economic+Theory&rft.subject=L+Education+(General)+%3D+Pendidikan+&rft.description=Penelitian+ini+dilatarbelakangi+oleh+rendahnya+hasil+belajar+dan+kurangnya+aktivitas+siswa+di+dalam+pembelajaran+Ekonomi+pada+kelas+X+SMA+N+1+Pulaupanggung+Tanggamus.+Berdasarkan+hasil+observasi%2C+hal+tersebut+dikarenakan+kurangnya+partisipasi+aktif+siswa+dalam+pembelajaran.+Dalam+aktivitas+belajar%2C+siswa+masih+menjadi+pihak+yang+pasif+yang+hanya+menerima+informasi+dari+guru+tanpa+punya+inisiatif+untuk+menambah+wawasan+materi+pada+sumber+belajar+lain%2C+mengungkapkan+pendapat+dan+mengajukan+pertanyaan+kepada+guru+tentang+hal+yang+belum+dipahami%2C+sehingga+siswa+mengalami+kesulitan+dalam+memahami+materi+yang+diajarkan.+Untuk+mengatasi+permasalahan+tersebut+dilakukan+upaya+dengan+menerapkan+model+kooperatif+tipe+Group+Investigation+(GI)+dan+Model+kooperatif+tipe+Problem+Solving+dengan+memperhatikan+bentuk+soal+(pilihan+ganda+dan+analisis+hubungan)+sebagai+variable+moderatornya.+Penelitian+ini+bertujuan+untuk+mengetahui+perbandingan+hasil+belajar+Ekonomi+siswa+yang+menggunakan+model+pembelajaran+kooperatif+tipe+GI+dengan+siswa+yang+pembelajaranya+menggunakan+model+pembelajaran+kooperatif+tipe+Problem+Solving.+Penelitian+ini+merupakan+penelitian+eksperimen+dengan+pendekatan+komparatif+yang+dilakukan+terhadap+dua+kelas+sampel+yang+dipilih+dengan+metode+clutster+random+sampling+dengan+diberikan+perlakuan+berbeda.+Data+penelitian+diperoleh+dengan+memberikan+tes+belajar+menggunakan+bentuk+soal+pilihan+ganda+dan+esai+kepada+dua+kelas+sampel.+Setelah+hasil+belajar+diperoleh%2C+data+dianalisis+untuk+menguji+hipotesis+dengan+menggunakan+uji+T-test+Dua+Sampel+Independent+dan+uji+Analisis+Varian+Dua+Jalan.%0D%0AHasil+penelitian+menunjukan%3B+(1)+ada+perbedaan+rata-rata+hasil+belajar+Ekonomi+antara+siswa+yang+pembelajaranya+menggunakan+model+pembelajaran+tipe+GI+dan+siswa+yang+pembelajaranya+menggunakan+model+pembelajaran+tipe+Problem+Solving.+%3B+(2)+ada+perbedaan+rata-rata+hasil+belajar+Ekonomi+antara+siswa+yang+dites+menggunakan+bentuk+soal+pilihan+ganda+dan+siswa+yang+dites+menggunakan+bentuk+soal+analisis+hubungan.+%3B+(3)+terdapat+interaksi+antar+model+pembelajaran+dengan+bentuk+soal.+%3B+(4)+rata-rata+hasil+belajar+Ekonomi+siswa+yang%0D%0Apembelajarannya+menggunakan+model+pembelajaran+kooperatif+tipe+GI+lebih+tinggi+dibandingkan+dengan+siswa+yang+diajarkan+menggunakan+model+kooperatif+tipe+Problem+Solving+jika+hasil+belajarnya+diukur+menggunakan+tes+pilihan+ganda.+%3B+(5)+rata-rata+hasil+belajar+Ekonomi+siswa+yang+pembelajarannya+menggunakan+model+pembelajaran+kooperatif+tipe+GI+lebih+tinggi+dibandingkan+dengan+siswa+yang+diajarkan+menggunakan+model+kooperatif+tipe+Problem+Solving+jika+hasil+belajarnya+diukur+menggunakan+tes+analisis+hubungan.+%3B+(6)+rata-rata+hasil+belajar+Ekonomi+yang+dites+menggunakan+bentuk+soal+pilihan+ganda+lebih+tinggi+dibandingkan+dengan+hasil+belajar+ekonomi+yang+dites+menggunakan+bentuk+soal+analisis+hubungan+pada+pembelajaran+kooperatif+tipe+GI.+%3B+(7)+rata-rata+hasil+belajar+Ekonomi+yang+dites+menggunakan+bentuk+soal+pilihan+ganda+lebih+rendah+dibandingkan+dengan+hasil+belajar+ekonomi+yang+dites+menggunakan+bentuk+soal+esai+pada+pembelajaran+kooperatif+tipe+Problem+Solving.%0D%0AKata+kunci%3A+hasil+belajar%2C+model+pembelajaran+kooperatif%2C+GI%2C+Problem+Solving%2C+bentuk+soal+tes.&rft.publisher=Fakultas+KIP&rft.date=2013-12-23&rft.type=Skripsi&rft.type=NonPeerReviewed&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F158%2F1%2FCOVER%2520DALAM.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F158%2F2%2FABSTRAK.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F158%2F3%2FLEMBAR%2520PERSETUJUAN.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F158%2F4%2FLEMBAR%2520PERNYATAAN.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F158%2F5%2FDAFTAR%2520ISI.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F158%2F6%2FBAB%2520I.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F158%2F7%2FBAB%2520II.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F158%2F8%2FBAB%2520III.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F158%2F9%2FBAB%2520IV.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F158%2F10%2FBAB%2520V.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F158%2F11%2FDAFTAR%2520PUSTAKA.pdf&rft.format=archive&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F158%2F12%2FLAMPIRAN.zip&rft.identifier=++Suhartono%2C+Angga+Praditya++(2013)+STUDI+PERBANDINGAN+HASIL+BELAJAR+EKONOMI+SISWA+MELALUI+METODE+PEMBELAJARAN+GROUP+INVESTIGATION+DAN+PROBLEM+SOLVING+DENGAN+MEMPERHATIKAN+BENTUK+TES+(+Studi+Pada+Siswa+Kelas+X+SMA+Negeri+1+Pulaupanggung+Tahun+Pelajaran+2012%2F2013).++Fakultas+KIP%2C+Universitas+Lampung.+++++&rft.relation=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F158%2F