<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS TEKNOLOGI\r\nINFORMASI DAN KOMUNIKASI (TIK) MENGGUNAKAN\r\nPENDEKATAN PEMBELAJARAN KONSTRUKTIVISME\r\nUNTUK MENINGKATKAN MINAT, AKTIVITAS,\r\nDAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA"^^ . "Program studi Pendidikan Fisika FKIP Unila telah menghasilkan berbagai macam\r\nproduk media pembelajaran berbasis TIK yang dapat digunakan sebagai media\r\npembelajaran di sekolah. Akan tetapi, produk tersebut sangat kurang sekali\r\ndimanfaatkan oleh khalayak umum, mulai dari e-book hingga modul interaktif.\r\nSalah satu produk pembelajaran yang telah dihasilkan adalah Modul Interaktif\r\nMateri Fluida SMA/MA Menggunakan Macromedia Captivate. SMA YP Unila\r\nmerupakan sekolah yang telah mengupayakan penggunaan fasilitas TIK dalam\r\nproses pembelajaran. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara dengan guru\r\nmata pelajaran fisika diketahui bahwa guru jarang sekali menggunakan media\r\nyang bervariatif dalam pembelajaran fisika. Hal ini diduga merupakan hal yang\r\nmenyebabkan rendahnya minat, aktivitas, dan hasil belajar fisika siswa. Salah\r\nsatu altematif yang dapat digunakan untuk meningkatkan minat, aktivitas, dan\r\nhasil belajar siswa adalah pembelajaran dengan menggunakan media berbasis TIK\r\ndengan menggunakan pendekatan pembelajaran konstruktivisme.\r\nPenelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan minat, aktivitas, dan\r\nhasil belajar siswa selama pembelajaran dengan menggunakan media TIK pada\r\npokok bahasan fluida statis. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 6\r\nSMA YP Unila yang berjumlah 40 orang, yang terdiri dari 16 siswa laki-laki, dan\r\n24 siswa perempuan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dan\r\ndilaksanakan dalam 3 siklus. Media pembelajaran yang digunakan berperan\r\nsebagai pelengkap (komplemen) materi pembelajaran di dalam kelas.\r\nHasil penelitian menunjukkan ada peningkatan minat, aktivitas, dan hasil belajar\r\nsiswa secara umum setiap siklusnya. Berdasarkan hasil analisis didapatkan bahwa\r\nnilai rata-rata minat belajar siswa pada siklus I sebesar 2,62; pada siklus II\r\nmeningkat menjadi 2,70; dan pada siklus III minat siswa kembali meningkat\r\nmenjadi 2,85. Hasil analisis aktivitas pada siklus I adalah 66,77; pada siklus II\r\nmeningkat menjadi 71,56; dan siklus III aktivitas siswa kembali meningkat\r\nmenjadi 76,56. Nilai rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I 64,21; pada siklus\r\nII rata-rata hasil belajar meningkat menjadi 73,88; dan pada siklus III rata-rata\r\nhasil belajar menjadi 70,15; rata-rata hasil belajar siswa pada siklus III ini\r\nterkategorikan baik. Berdasarkan hasil analisis disimpulkan bahwa pembelajaran\r\ndengan menggunakan media pembelajaran berbasis TIK dengan menerapkan\r\npendekatan pembelajaran konstruktivisme dapat meningkatkan minat, aktivitas,\r\ndan hasil belajar siswa.\r\nKata kunci : media, pendekatan pembelajaran konstruktivisme, minat, aktivitas,\r\nhasil belajar siswa\r\n\r\nPhysic education of FKIP Unila has produce many education product based on\r\nICT that can be used as education media in school. In fact, that product is rarely\r\nused by people, start from e-book until interactive modul. One of the product\r\nwhich produced is High School Fluid Interactive Modul which is used\r\nMacromedia Captivate. SMA YP Unila is one of school which use media based\r\non ICT in learning. Based on the result and interview with physics teacher, it is\r\nknown that the education media which is used in learning physic is lack of\r\nvariation. It estimates caused lack of enthusiasm, activity, and result of student in\r\nphysic. One of the way to improve enthusiasm, activity, and result in learning is\r\nby using education media based ICT with constructivism education approach.\r\nThe aim of this research is to descript the improvement of enthusiasm, activity,\r\nand result in learning by using media based on ICT in static fluid. The subject of\r\nthis research is science student grade XI 6 SMA YP Unila which amount 40\r\nstudents consist of 16 boys and 24 girls. This research is classroom action\r\nresearch in three cycles. Education media that used in the studies process as a\r\ncomplement.\r\nThe result shows improvement in enthusiasm, activity, and result in learning in\r\neach cycle. Based on the analysis the average point of enthusiasm is 2,62 in first\r\ncycle; 2,7 in second cycle; and 2,85 in third cycle. The result of activity analysis\r\nin first cycle is 66,77; in second cycle is 71,56; and in third cycle is 76,56. The\r\naverage point of result in learning in first cycle is 64,21; in second cycle is 73,88;\r\nand in third cycle is 70,15; the result in third cycle is in good category.\r\nBased on analysis, it is conclude that the using of education media based ICT with\r\nconstructivism education approach can improve enthusiasm, activity, and result\r\nstudent.\r\nKey words : media, constructive education approach, enthusiasm, activity,\r\nstudent result in learning"^^ . . . . . . . . "Digital Library"^^ . . . . . . . . "Risa Hartati"^^ . "0613022008"^^ . "Risa Hartati 0613022008"^^ . . . . . . "PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS TEKNOLOGI\r\nINFORMASI DAN KOMUNIKASI (TIK) MENGGUNAKAN\r\nPENDEKATAN PEMBELAJARAN KONSTRUKTIVISME\r\nUNTUK MENINGKATKAN MINAT, AKTIVITAS,\r\nDAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA (File PDF)"^^ . . . "1.pdf"^^ . . . "PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS TEKNOLOGI\r\nINFORMASI DAN KOMUNIKASI (TIK) MENGGUNAKAN\r\nPENDEKATAN PEMBELAJARAN KONSTRUKTIVISME\r\nUNTUK MENINGKATKAN MINAT, AKTIVITAS,\r\nDAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA (File PDF)"^^ . . . "3.pdf"^^ . . . "PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS TEKNOLOGI\r\nINFORMASI DAN KOMUNIKASI (TIK) MENGGUNAKAN\r\nPENDEKATAN PEMBELAJARAN KONSTRUKTIVISME\r\nUNTUK MENINGKATKAN MINAT, AKTIVITAS,\r\nDAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA (File PDF)"^^ . . . "5.pdf"^^ . . . "PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS TEKNOLOGI\r\nINFORMASI DAN KOMUNIKASI (TIK) MENGGUNAKAN\r\nPENDEKATAN PEMBELAJARAN KONSTRUKTIVISME\r\nUNTUK MENINGKATKAN MINAT, AKTIVITAS,\r\nDAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA (File PDF)"^^ . . . "ABSTRAK.pdf"^^ . . . "PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS TEKNOLOGI\r\nINFORMASI DAN KOMUNIKASI (TIK) MENGGUNAKAN\r\nPENDEKATAN PEMBELAJARAN KONSTRUKTIVISME\r\nUNTUK MENINGKATKAN MINAT, AKTIVITAS,\r\nDAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA (File PDF)"^^ . . . "2.pdf"^^ . . . "PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS TEKNOLOGI\r\nINFORMASI DAN KOMUNIKASI (TIK) MENGGUNAKAN\r\nPENDEKATAN PEMBELAJARAN KONSTRUKTIVISME\r\nUNTUK MENINGKATKAN MINAT, AKTIVITAS,\r\nDAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA (File PDF)"^^ . . . "PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS TEKNOLOGI\r\nINFORMASI DAN KOMUNIKASI (TIK) MENGGUNAKAN\r\nPENDEKATAN PEMBELAJARAN KONSTRUKTIVISME\r\nUNTUK MENINGKATKAN MINAT, AKTIVITAS,\r\nDAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA (Other)"^^ . . . . . . "PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS TEKNOLOGI\r\nINFORMASI DAN KOMUNIKASI (TIK) MENGGUNAKAN\r\nPENDEKATAN PEMBELAJARAN KONSTRUKTIVISME\r\nUNTUK MENINGKATKAN MINAT, AKTIVITAS,\r\nDAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA (Other)"^^ . . . . . . "PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS TEKNOLOGI\r\nINFORMASI DAN KOMUNIKASI (TIK) MENGGUNAKAN\r\nPENDEKATAN PEMBELAJARAN KONSTRUKTIVISME\r\nUNTUK MENINGKATKAN MINAT, AKTIVITAS,\r\nDAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA (Other)"^^ . . . . . . "PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS TEKNOLOGI\r\nINFORMASI DAN KOMUNIKASI (TIK) MENGGUNAKAN\r\nPENDEKATAN PEMBELAJARAN KONSTRUKTIVISME\r\nUNTUK MENINGKATKAN MINAT, AKTIVITAS,\r\nDAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA (Other)"^^ . . . . . . "PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS TEKNOLOGI\r\nINFORMASI DAN KOMUNIKASI (TIK) MENGGUNAKAN\r\nPENDEKATAN PEMBELAJARAN KONSTRUKTIVISME\r\nUNTUK MENINGKATKAN MINAT, AKTIVITAS,\r\nDAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS TEKNOLOGI\r\nINFORMASI DAN KOMUNIKASI (TIK) MENGGUNAKAN\r\nPENDEKATAN PEMBELAJARAN KONSTRUKTIVISME\r\nUNTUK MENINGKATKAN MINAT, AKTIVITAS,\r\nDAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS TEKNOLOGI\r\nINFORMASI DAN KOMUNIKASI (TIK) MENGGUNAKAN\r\nPENDEKATAN PEMBELAJARAN KONSTRUKTIVISME\r\nUNTUK MENINGKATKAN MINAT, AKTIVITAS,\r\nDAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS TEKNOLOGI\r\nINFORMASI DAN KOMUNIKASI (TIK) MENGGUNAKAN\r\nPENDEKATAN PEMBELAJARAN KONSTRUKTIVISME\r\nUNTUK MENINGKATKAN MINAT, AKTIVITAS,\r\nDAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . . "PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS TEKNOLOGI\r\nINFORMASI DAN KOMUNIKASI (TIK) MENGGUNAKAN\r\nPENDEKATAN PEMBELAJARAN KONSTRUKTIVISME\r\nUNTUK MENINGKATKAN MINAT, AKTIVITAS,\r\nDAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS TEKNOLOGI\r\nINFORMASI DAN KOMUNIKASI (TIK) MENGGUNAKAN\r\nPENDEKATAN PEMBELAJARAN KONSTRUKTIVISME\r\nUNTUK MENINGKATKAN MINAT, AKTIVITAS,\r\nDAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS TEKNOLOGI\r\nINFORMASI DAN KOMUNIKASI (TIK) MENGGUNAKAN\r\nPENDEKATAN PEMBELAJARAN KONSTRUKTIVISME\r\nUNTUK MENINGKATKAN MINAT, AKTIVITAS,\r\nDAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS TEKNOLOGI\r\nINFORMASI DAN KOMUNIKASI (TIK) MENGGUNAKAN\r\nPENDEKATAN PEMBELAJARAN KONSTRUKTIVISME\r\nUNTUK MENINGKATKAN MINAT, AKTIVITAS,\r\nDAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . . "PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS TEKNOLOGI\r\nINFORMASI DAN KOMUNIKASI (TIK) MENGGUNAKAN\r\nPENDEKATAN PEMBELAJARAN KONSTRUKTIVISME\r\nUNTUK MENINGKATKAN MINAT, AKTIVITAS,\r\nDAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS TEKNOLOGI\r\nINFORMASI DAN KOMUNIKASI (TIK) MENGGUNAKAN\r\nPENDEKATAN PEMBELAJARAN KONSTRUKTIVISME\r\nUNTUK MENINGKATKAN MINAT, AKTIVITAS,\r\nDAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS TEKNOLOGI\r\nINFORMASI DAN KOMUNIKASI (TIK) MENGGUNAKAN\r\nPENDEKATAN PEMBELAJARAN KONSTRUKTIVISME\r\nUNTUK MENINGKATKAN MINAT, AKTIVITAS,\r\nDAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS TEKNOLOGI\r\nINFORMASI DAN KOMUNIKASI (TIK) MENGGUNAKAN\r\nPENDEKATAN PEMBELAJARAN KONSTRUKTIVISME\r\nUNTUK MENINGKATKAN MINAT, AKTIVITAS,\r\nDAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . . "PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS TEKNOLOGI\r\nINFORMASI DAN KOMUNIKASI (TIK) MENGGUNAKAN\r\nPENDEKATAN PEMBELAJARAN KONSTRUKTIVISME\r\nUNTUK MENINGKATKAN MINAT, AKTIVITAS,\r\nDAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS TEKNOLOGI\r\nINFORMASI DAN KOMUNIKASI (TIK) MENGGUNAKAN\r\nPENDEKATAN PEMBELAJARAN KONSTRUKTIVISME\r\nUNTUK MENINGKATKAN MINAT, AKTIVITAS,\r\nDAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS TEKNOLOGI\r\nINFORMASI DAN KOMUNIKASI (TIK) MENGGUNAKAN\r\nPENDEKATAN PEMBELAJARAN KONSTRUKTIVISME\r\nUNTUK MENINGKATKAN MINAT, AKTIVITAS,\r\nDAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS TEKNOLOGI\r\nINFORMASI DAN KOMUNIKASI (TIK) MENGGUNAKAN\r\nPENDEKATAN PEMBELAJARAN KONSTRUKTIVISME\r\nUNTUK MENINGKATKAN MINAT, AKTIVITAS,\r\nDAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . . "PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS TEKNOLOGI\r\nINFORMASI DAN KOMUNIKASI (TIK) MENGGUNAKAN\r\nPENDEKATAN PEMBELAJARAN KONSTRUKTIVISME\r\nUNTUK MENINGKATKAN MINAT, AKTIVITAS,\r\nDAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS TEKNOLOGI\r\nINFORMASI DAN KOMUNIKASI (TIK) MENGGUNAKAN\r\nPENDEKATAN PEMBELAJARAN KONSTRUKTIVISME\r\nUNTUK MENINGKATKAN MINAT, AKTIVITAS,\r\nDAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS TEKNOLOGI\r\nINFORMASI DAN KOMUNIKASI (TIK) MENGGUNAKAN\r\nPENDEKATAN PEMBELAJARAN KONSTRUKTIVISME\r\nUNTUK MENINGKATKAN MINAT, AKTIVITAS,\r\nDAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS TEKNOLOGI\r\nINFORMASI DAN KOMUNIKASI (TIK) MENGGUNAKAN\r\nPENDEKATAN PEMBELAJARAN KONSTRUKTIVISME\r\nUNTUK MENINGKATKAN MINAT, AKTIVITAS,\r\nDAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . "HTML Summary of #15820 \n\nPEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS TEKNOLOGI \nINFORMASI DAN KOMUNIKASI (TIK) MENGGUNAKAN \nPENDEKATAN PEMBELAJARAN KONSTRUKTIVISME \nUNTUK MENINGKATKAN MINAT, AKTIVITAS, \nDAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA\n\n" . "text/html" . . . " " . .