@article{eprints15828, title = {ANALISIS SIKAP KONSUMEN ATAS KUALITAS LAYANAN TRANSPORTASI BUS PO INDONESIA MULIA INDAH (Studi Kasus pada Penumpang Trayek Lampung-Jambi)}, author = {Rika Yulianita 0441011153}, journal = {Digital Library}, url = {http://digilib.unila.ac.id/15828/}, abstract = {ABSTRAK Transportasi saat ini memegang peranan yang sangat penting dalam kehidupan masyarakat. Hal ini ditandai dengan makin berkembang dan bertambahnya sarana transportasi yang menjanjikan kecepatan dan kenyamanan dalam perjalanan menuju suatu tempat. Perkembangan transportasi ini berangsur-angsur menjadikan masyarakat Indonesia dalam suatu masyarakat dengan mobilitas yang cukup tinggi, sehingga dengan adanya fasilitas yang cukup diharapkan dapat memenuhi peningkatan mobilitas penduduk tersebut. PO Indonesia Mulia Indah (IMI) yang berlokasi di Jl. Soekarno Hatta sp IV Raja Basa merupakan salah satu jenis usaha transportasi yang bergerak dalam bidang jasa angkutan umum penumpang antar kota antar provinsi. Permasalahan dalam penelitian ini adalah belum tercapainya target volume penjualan. Sedangkan tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui sikap konsumen atas layanan yang diberikan oleh PO IMI trayek Lampung-Jambi. Pengambilan sampel dilakukan secara non random sampling mengingat populasi bersifat tidak terbatas. Sejalan dengan pendapat Joseph F. Hair,Jr (1995) dalam Multivariate Data Analysis, jika populasi penelitian tak terbatas maka minimal unit sampelnya adalah 15 atau 20 kali jumlah variabel yang diteliti. Di dalam penelitian ini, penulis mengambil sampel berjumlah minimal 75 responden karena variabel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah lima variabel yaitu, tangibles, emphaty, reliability, responsivness, assurance. Agar hasil penelitian dapat dipercaya, maka jumlah unit sampel dibulatkan menjadi 100 responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata harapan konsumen atas kualitas layanan yang diketahui dari keyakinan adalah untuk Tangible sebesar 0,542 Reliability sebesar 0,87 Responsivness sebesar 0,908 Assurance sebesar 1,048 dan Emphaty sebesar 0,57. Sedangkan sikap konsumen berdasarkan evaluasi atribut dapat diketahui untuk nilai Tangible sebesar 1,044 Reliability sebesar 0,914 Responsivness sebesar 1,058 Assurance sebesar 1,012 dan Emphaty sebesar 0,68. Dari skala sikap nilai konsumen adalah +3,767 lebih condong kearah kanan dengan rentang nilai maksimum adalah sebesar +9,416. Hal ini menunjukkan bahwa sikap konsumen ataskualitas layanan jasa terra PO Indonesia Mulia Indah yang meliputi tangible, emphaty, reliability, responsivness dan assurance secara keseluruhan adalah positif. Saran untuk PO IMI agar karyawan dapat lebih tanggap dan mampu menghasilkan pelayanan yang lebih baik dalam merespon kebutuhan pelanggan dan keluhan pelanggan seperti pelayanan tiket, ketanggapan supir dan kernet untuk mengatur barang agar tercipta pelayanan yang lebih baik dan berkualitas. } }