%0 Journal Article %A 0643023013, Eva Setyawati %D 2012 %F eprints:15831 %J Digital Library %T EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER PADA MATERI REAKSI REDOKS DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN BAHASA SIMBOLIK DAN PENGUASAAN KONSEP %U http://digilib.unila.ac.id/15831/ %X Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan efektivitas model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) pada materi reaksi redoks dalam meningkatkan keterampilan bahasa simbolik dan penguasaan konsep. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas X SMA Negeri 1 Buay Bahuga Tahun Ajaran 2011/2012. Sampel diambil menggunakan teknik purposive sampling, diperoleh kelas X2 sebagai kelas eksperimen dan kelas X1 sebagai kelas kontrol. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen dengan Non Equivalent (Pretest and Posttest) Control Group Design). Efektivitas model pembelajaran NHT diukur berdasarkan perbedaan n-gain keterampilan bahasa simbolik dan penguasaan konsep yang signifikan antara kelas model pembelajaran NHT dengan kelas pembelajaran konvensional. Hasil penelitian me-nunjukkan nilai rerata n-gain keterampilan bahasa simbolik untuk kelas eksperimen dan kontrol masing-masing 0,26 dan 0,18 dan rerata n-gain penguasaan konsep untuk kelas eksperimen dan kontrol masing-masing 0,29 dan 0,23. Berdasarkan uji hipotesis, diketahui bahwa kelas dengan pembelajaran NHT memiliki keterampilan bahasa simbolik dan penguasaan konsep yang lebih tinggi dibandingkan kelas dengan pembelajaran konvensional. Hal ini menunjukkan bahwa pembelajaran NHT efektif dalam meningkatkan keterampilan bahasa simbolik dan penguasaan konsep reaksi redoks. Kata kunci: Model pembelajaran Numbered Head Together (NHT), keterampilan bahasa simbolik dan penguasaan konsep