title: IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN MITIGASI ERUPSI GUNUNG API MELALUI MODEL SIKLUS BELAJAR INDOOR DAN OUTDOOR BAGI SISWA SMP NEGERI 1 KALIANDA TAHUN PELAJARAN 2010-2011 creator: 0613022018, Arly Saptoly subject: description: Indonesia merupakan negara kepulauan tempat dimana tiga lempeng besar dunia bertemu sehingga memiliki aktifitas kegunungapian dan kegempaan yang cukup tinggi. Lampung merupakan wilayah di Indonesia yang tidak luput dari pengaruh gunung berapi. Upaya mitigasi bencana alam tersebut sebaiknya dilakukan sejak dini dengan menyisipkan materi bencana alam kebumian pada pelajaran IPA di SMP. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil belajar mitigasi erupsi gunung api aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik siswa yang belajar mitigasi erupsi gunung api Indoor, Outdoor dan kombinasi keduanya. Pembelajaran ini menggunakan model Learning Cycle dengan metode Role Playing. Subjek penelitian ini adalah siswa SMP Negeri 1 Kalianda Lampung Selatan kelas IX6 sebagai kelas Indoor, IX5 sebagai kelas Outdoor, dan IX3 sebagai kelas kombinasi Indoor-Outdoor. Penelitian ini menghasilkan tiga hasil belajar yaitu kognitif, afektif, dan psikomotorik. Arly Saptoly Nilai rata-rata aspek kognitif kelas Indoor, Outdoor dan kombinasi Indoor-Outdoor secara berturut-turut sebesar 78, 79, dan 87. Hasil belajar aspek kognitif pada kelas kombinasi memiliki nilai rata-rata lebih tinggi daripada kelas Indoor atau Outdoor saja. Hasil yang di dapat pada aspek afektif setelah dilakukan uji analisis adalah tidak ada perbedaan yang signifikan antara hasil belajar Indoor, Outdoor dan kombinasi Indoor-Outdoor. Sedangkan nilai rata-rata aspek psikomotorik kelas Indoor, Outdoor, dan kombinasi Indoor-Outdoor secara berturut-turut sebesar 73, 81, dan 87. Sehingga hasil belajar psikomotorik kelas kombinasi lebih tinggi daripada kelas Indoor atau Outdoor saja. Dapat disimpulkan bahwa pembelajaran mitigasi erupsi vulkanik pada kelas kombinasi Indoor-Outdoor lebih baik daripada kelas Indoor atau kelas Outdoor saja. Kata kunci: kelas perlakuan, hasil belajar, siklus belajar Indonesia is an archipelago country; where there are three big plates converge so it has high enough activities of volcanic and seismicity. Lampung province is an Indonesia area influenced by volcano. The effort of disaster mitigation is better done early by inserting earth disaster topic on Science in Junior High School. Objective of this research is to describe the study result of volcano eruption mitigation from the students’ cognitive, affective, and psychomotor aspects who learn Indoor, Outdoor mitigation of volcano eruption, and both of combination. This learning process uses Role Playing in Learning Cycle model. The subject of this research is the students of SMP Negeri 1 Kalianda South Lampung class of IX6 as Indoor class, IX5 as Outdoor class, and IX3 as combination of Indoor – Outdoor class. This research produces three result of the study, they are cognitive, affective, and psychomotor. Arly Saptoly The average of cognitive aspect on Indoor, Outdoor, and Indoor – Outdoor combination class respectively are 78, 79, and 87. Cognitive aspect on combination class has higher average score than Indoor or Outdoor class only. The result of affective aspect after analysis test is there is no signification difference among study result of Indoor, Outdoor, and Indoor – Outdoor. Meanwhile, average score of psychomotor aspect on Indoor, Outdoor, and Indoor – Outdoor combination class respectively are 73, 81, and 87. So the result of psychomotor 73, 81, and 87 then psychomotor study result of combination class is higher than Indoor or Outdoor class only. It can conclude that volcanic eruption mitigation learning on Indoor – Outdoor combination class is better than Indoor or Outdoor class only. Key words: treatment class, study result, learning cycle date: 2011 type: Artikel type: PeerReviewed format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/15832/1/Daftar%20Pustaka.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/15832/2/I.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/15832/3/II.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/15832/4/III.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/15832/5/V.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/15832/6/IV.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/15832/7/ABSTRAct%20%28in%20english%29.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/15832/8/ABSTRAK.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/15832/9/Cover.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/15832/10/COVER%20DALAM.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/15832/11/DAFTAR%20GAMBAR.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/15832/12/DAFTAR%20ISI.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/15832/13/DAFTAR%20TABEL.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/15832/14/LEMBAR%20PERSETUJUAN.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/15832/15/MENGESAHKAN.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/15832/16/MOTTO.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/15832/17/PERSEMBAHAN.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/15832/18/RIWAYAT%20HIDUP.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/15832/19/SANWACANA.pdf identifier: 0613022018, Arly Saptoly (2011) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN MITIGASI ERUPSI GUNUNG API MELALUI MODEL SIKLUS BELAJAR INDOOR DAN OUTDOOR BAGI SISWA SMP NEGERI 1 KALIANDA TAHUN PELAJARAN 2010-2011. Digital Library. relation: http://digilib.unila.ac.id/15832/