%0 Journal Article %A 0613022019, ARYANTINI %D 2011 %F eprints:15833 %J Digital Library %T PENGARUH PENGGUNAAN METODE DRILL TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA SISWA KELAS X MAN 1 BANDARLAMPUNG TAHUN AJARAN 2010/2011 %U http://digilib.unila.ac.id/15833/ %X Rendahnya hasil uji blok siswa kelas X10 semester ganjil MAN 1 Bandarlampung Tahun Pelajaran 2010-2011 kemungkinan disebabkan oleh faktor metode mengajar yang digunakan. Rumusan masalah pada penelitian ini yaitu : (1) Apakah terdapat pengaruh penggunaan metode drill terhadap hasil belajar fisika siswa kelas X MAN 1 Bandarlampung? (2) Apakah terdapat perbedaan hasil belajar fisika antara siswa yang diajar menggunakan metode drill dengan siswa yang diajar menggunakan metode ceramah? Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas X MAN 1 Bandarlampung sedangkan sampelnya adalah siswa kelas X7 dan X10 semester genap MAN 1 Bandarlampung yang berjumlah 75 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling. Data berupa data kuantitatif yaitu hasil belajar siswa yang diperoleh dari nilai tes awal dan tes akhir. Kemudian dihitung selisih Aryantini antara nilai tes awal dengan tes akhir. Nilai selisih tersebut disebut sebagai skor gain. Teknik pengumpulan data nilai tes awal diambil sebelum pembelajaran pertemuan pertama pada setiap kelas baik eksperimen maupun kontrol, sedangkan nilai tes akhir diambil setelah pembelajaran pertemuan ketiga pada setiap kelas baik eksperimen maupun kontrol. Data dianalisis dengan menggunakan SPSS 17.0, hasil analisis menunjukkan bahwa hasil uji normalitas kedua data berdistribusi normal. Selanjutnya dilakukan analisis data dengan melakukan uji homogenitas dan diperoleh bahwa data mempunyai variansi yang homogen. Kemudian untuk menguji kesamaan dua rata-rata antara beberapa kelompok data dilakukan uji T. Dari hasil analisis data didapatkan bahwa: (1) terdapat pengaruh antara penggunaan metode drill dengan hasil belajar fisika siswa yang ditunjukkan oleh nilai sig pada t-test for Equality of Means adalah sebesar 0,033, (2) tidak terdapat perbedaan hasil belajar fisika antara siswa yang diajar menggunakan metode drill dengan siswa yang diajar menggunakan metode ceramah yang ditunjukkan oleh nilai sig pada Levene's Test for Equality of Variances adalah sebesar 0,878. Kata kunci: metode drill, hasil belajar fisika.