%0 Journal Article %A 0713022030, Fera Syeliyani %F eprints:15846 %J Digital Library %T PENGARUH MINAT DAN MOTIVASI TERHADAP KEMAMPUAN MEMECAHKAN MASALAH FISIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN CHILDREN LEARNING IN SCIENCE %U http://digilib.unila.ac.id/15846/ %X Berdasarkan hasil observasi dan wawancara dengan guru mata pelajaran fisika kelas VIIA SMP Negeri 1 Trimurjo, diketahui bahwa pembelajaran fisika yang dilakukan oleh guru terbatas pada menjelaskan materi, memberi contoh soal, dan latihan menyelesaikan soal. Kegiatan praktikum terhambat karena alat dan bahan masih terbatas, dan laboratorium yang masih tergabung dengan pelajaran lain sehingga siswa kurang menguasai konsep fisika dengan baik. Hal ini menyebabkan kurangnya kemampuan memecahkan masalah fisika untuk memenuhi standar yang ditetapkan. Salah satu alternatif yang dapat digunakan adalah pembelajaran dengan model pembelajaran Children Learning in Science (CLIS). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh minat, motivasi, dan kemampuan memecahkan masalah selama pembelajaran dengan model pembelajaran CLIS pada pokok bahasan Perpindahan Kalor. Model CLIS terdiri dari 5 tahap yaitu orientasi, pemunculan gagasan, penyusunan gagasan ulang, Fera Syeliyani penerapan gagasan dan mengkaji ulag perubahan gagasan. Subjek penelitian ini adalah kelas VIIA SMP Negeri 1 Trimurjo yang berjumlah 37 orang, yang terdiri dari 16 siswa laki-laki, dan 21 siswa perempuan. Hasil penelitian menunjukkan persentase minat siswa dalam perhitungan N-Gain sebesar 17,15% kategori sedang dan 82,85% kategori rendah, pada persentase motivasi 14,29% kategori sedang dan 85,71% kategori rendah, dan pada persentase kemampuan memecahkan masalah sebesar 77,1% kategori sedang dan 22,9 % kategori rendah. Jadi dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan model pembelajaran CLIS dapat mempengaruhi minat, motivasi dan kemampuan memecahkan masalah fisika. Kata kunci: minat, motivasi, kemampuan memecahkan masalah, CLIS.