TY - JOUR ID - eprints15856 UR - http://digilib.unila.ac.id/15856/ A1 - 0713053013, Danti Prameswari Y1 - 2012/08/07/ N2 - Permasalahan dalam penelitian ini adalah masih rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas VA SD Negeri 1 Metro Barat. Peneliti bermaksud untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS kelas VA SD Negeri 1 Metro Barat dengan menggunakan strategi problem solving. Penelitian ini menggunakan metode PTK dengan menggunakan dua siklus yang didalamnya terdapat empat tahap pada tiap-tiap siklusnya yaitu, perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Data kegiatan diperoleh melalui lembar observasi dan instrument tes pada setiap siklusnya. Analisis data menggunakan analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan strategi problem solving pada mata pelajaran IPS kelas VA SD Negeri 1 Metro Barat dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari persentase rata-rata aktivitas belajar siswa siklus I (46,87 %) dan siklus II (72,5 %) dengan nilai peningkatan dari siklus I ke siklus II (25,63 %). Sementara itu rata-rata nilai hasil belajar siswa siklus I (63,33) dan siklus II (75) dengan nilai peningkatan dari siklus I ke siklus II sebesar (11,45). Sementara itu persentase rata-rata kinerja guru siklus I (60,28 %) dan siklus II (80,56 %) dengan nilai peningkatan dari siklus I ke siklus II sebesar (20,28%). Kata kunci : Strategi problem solving, aktivitas dan hasil belajar. JF - Digital Library TI - MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN STRATEGI PENYELESAIAN MASALAH (PROBLEM SOLVING) PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS VA SD NEGERI 1 METRO BARAT AV - restricted ER -