creators_name: 1013071006, Salamah type: article datestamp: 2015-12-18 07:09:27 lastmod: 2015-12-18 07:09:27 metadata_visibility: show title: MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI MODEL PEMBELAJARNA KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) (PTK di Kelas VIII A SMPN 1 Katibung Tahun Pelajaran 2010/2011) ispublished: pub subjects: General full_text_status: restricted abstract: Berdasarkan hasil observasi pendahuluan pada siswa kelas VIII A SMP Negeri 1 Katibung Lampung Selatan, diperoleh data bahwa nilai rata-rata ujian semester ganjil tahun pelajaran 2010/2011 adalah 55, sedangkan Kriteria Ketuntasa Minimal (KKM) adalah 60,00. Hasil belajar siswa yang rendah disebabkan kurangnya keterlibatan siswa dalam pembelajaran. Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat memberikan pengalaman bagi siswa agar dapat benar-benar memahami materi yang diberikan karena siswa benar-benar mengalami proses belajar melalui tahapan pembelajaran kooperatif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan (1) peningkatan aktivitas belajar fisika siswa, dan (2) peningkatan hasil belajar fisika siswa kelas VIII A SMPN 1 Katibung Tahun Pelajaran 2010/2011. Berdasarkan hasil analisis diketahui bahwa aktivitas siswa ditingkatkan dengan cara memberi kesempatan kepada siswa melakukan eksperimen dan Salamah Salamah Cara peningkatan aktivitas dan hasil belajar dengan menggunakan pembelajarna kooperatif tipe STAD, siswa belajar berkelompok dan menganalisa masalah yang diberikan. Setelah itu evaluasi dilakukan untuk dianalisa pencapaiannya. Kemudian diberikan penghargaan kepada siswa yang mendapatkan nilai maksimal. Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas atau PTK yang dilaksanakan dalam 4 bulan yang terdiri dari tiga siklus. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Terjadi peningkatan aktivitas belajar siswa pada setiap siklusnya. Pada siklus I aktivitas belajar siswa sebesar 10,42 dengan kategori “Cukup Aktif”, pada siklus II meningkat 10,42 menjadi 73,25 dengan kategori “Cukup Aktif”, dan pada siklus III aktivitas siswa kembali meningkat sebesar 7,45 menjadi 80,70 dengan kategori “Aktif”. Aktivitas siswa ditingkatkan dengan cara memberi kesempatan kepada siswa melakukan eksperimen dan mempresentasikan hasil eksperimen. (2) Hasil belajar fisika siswa pada setiap siklusnya meningkat. Pada siklus I rata-rata hasil belajar siswa adalah 54,47 dengan kategori “Tidak Tuntas”, kemudian pada siklus II meningkat sebesar 5,79 menjadi 60,26 dengan kategori “Tuntas”, dan pada siklus III rata-rata hasil belajar kembali meningkat sebesar 7,11 menjadi 67,37 dengan kategori “Tuntas”. Kata Kunci: aktivitas, hasil belajar, student team achievement divisions (STAD) date_type: published publication: Digital Library refereed: TRUE citation: 1013071006, Salamah MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI MODEL PEMBELAJARNA KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) (PTK di Kelas VIII A SMPN 1 Katibung Tahun Pelajaran 2010/2011). Digital Library. document_url: http://digilib.unila.ac.id/15861/1/Abstrak%20-%20Indonesia%20salamah.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/15861/2/bab1.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/15861/3/bab2.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/15861/4/bab3.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/15861/5/bab4.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/15861/6/bab5.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/15861/7/cover%20dalam.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/15861/8/cover.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/15861/9/daftar%20pustaka.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/15861/10/halaman%20persembahan.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/15861/11/lembar%20persetujuan.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/15861/13/pernyataan%20skripsi.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/15861/14/riwayat%20hidup.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/15861/15/sanwacana.pdf