@article{eprints15881, month = {Nopember}, title = {PERBEDAAN PENGUASAAN KONSEP SENYAWA HIDROKARBON SISWA ANTARA MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DISERTAI STRATEGI PROBLEM POSING DENGAN PEMBELAJARAN KONVENSIONAL }, author = {Joni Saputra 0743023028}, year = {2012}, journal = {Digital Library}, url = {http://digilib.unila.ac.id/15881/}, abstract = {Berdasarkan hasil observasi dengan guru mata pelajaran kimia kelas X di SMA Negeri 13 Bandar Lampung terlihat bahwa kegiatan pembelajaran masih berpusat pada guru dan siswa belum terlibat secara aktif dalam proses pembelajaran. Salah satu model pembelajaran yang mampu melibatkan siswa dalam proses pembelajaran adalah model pembelajaran kooperatif. Pada proses pembelajaran ini peneliti menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD disertai strategi problem posing dengan pembelajaran konvensional. Penelitian bertujuan untuk mendeskripsikan (1) ada tidaknya perbedaan rata-rata nilai penguasaan konsep senyawa hidrokarbon antara model pembelajaran kooperatif tipe STAD disertai strategi problem posing dengan pembelajaran konvensional, (2) rata-rata nilai penguasaan konsep senyawa hidrokarbon manakah yang lebih tinggi antara model pembelajaran kooperatif tipe STAD disertai strategi problem posing dengan pembelajaran konvensional. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas X SMAN 13 Bandar Lampung tahun ajaran 2011/2012. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah 30 orang siswa kelas X1 sebagai kelas eksperimen 1 dan 30 orang siswa kelas X7 sebagai kelas eksperimen 2. Desain penelitian yang digunakan adalah The Matching-Only Posttest-Only Kontrol Group Design. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) ada perbedaan penguasaan konsep senyawa hidrokarbon siswa antara pembelajaran kooperatif tipe STAD disertai strategi problem posing dan pembelajaran konvensional dan (2) rata-rata penguasaan konsep senyawa hidrokarbon siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD disertai strategi problem posing lebih tinggi dari pada rata-rata penguasaan konsep siswa pada materi senyawa hidrokarbon dengan menggunakan pembelajaran konvensional. Kata kunci: Pembelajaran kooperatif tipe STAD disertai strategi problem posing, pembelajaran konvensional, penguasaan konsep } }