TY - GEN CY - UNIVERSITAS LAMPUNG ID - eprints15889 UR - http://digilib.unila.ac.id/15889/ A1 - Eko Putra , 1013032007 Y1 - 2015/12/04/ N2 - ABSTRAK Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskrisipkan dan menganalisis : Peran guru dalam pembentukan perilaku bertanggung jawab peserta didik dalam pembelajaran PKn. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dan menggunakan pendekatan kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 77 responden. Analisis data menggunakan Chi Kuadrat dan teknik pengumpulan data menggunakan angket serta teknik penunjang menggunakan wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) berdasarkan ketiga indikator yang terdiri dari memberikan contoh, mengarahkan, dan mengawasi peranan guru dapat disimpulkan bahwa peranan guru dikategorikan cukup berperan, (2) secara keseluruhan, prilaku bertanggung jawab siswa yang terdiri dari tiga indikator yaitu mengerjakan tugas yang diberikan disekolah, melaksanakan tata tertib sekolah dan menjaga fasilitas sekolah dapat disimpulkan bahwa prilaku bertanggung jawab peserta didik di SMA Negeri 15 Bandar Lampung dikategorikan bertanggung jawab. Kata kunci: peran guru, perilaku bertanggung jawab, peserta didik. PB - FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN TI - PERAN GURU DALAM PEMBENTUKAN PERILAKU BERTANGGUNG JAWAB PESERTA DIDIK DI SMA NEGERI 15 BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2015/2016 AV - restricted ER -