TY - JOUR ID - eprints15892 UR - http://digilib.unila.ac.id/15892/ A1 - 0511011113, Tania Hendro Ayu Pratiwi N2 - ABSTRAK PT.Telkomsel memiliki 3 produk unggulan yakni kartu Halo, Simpati dan Kartu As ditengah persaingan produk merek lain. Konsumen akan mempetimbangkan kualitas produk dan jasa yang ditawarkan. Fenomena ini yang pada akhirnya akan memberikan dampak krisis terhadap komitmen pelanggan. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bahwa pada tahun 2005 sampai dengan tahun 2009 pangsa pasar kartu Halo PT Telkomsel mengalami penurunan yang cukup signifikan karena konsumen tidak berkomitmen untuk mempertahankan produk kartu Halo PT Telkomsel sedangkan perusahaan pesaing yaitu PT Indosat produk pasca bayar Matrix mengalami peningkatan dari tahun 2005 sampai dengan tahun 2009. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penggunaan model pemasaran relasional terhadap komitmen pelanggan pada pemakai kartu Halo di Bandar Lampung. Hipotesis penelitian ini adalah ada pengaruh economic content, resource content, dan social content tehadap komitmen pelanggan pada pemakai kartu Halo di Bandar Lampung. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah variabel economic content, variabel resource content dan variabel social content sebagai variabel independen. Sedangkan variabel dependen adalah komitmen pelanggan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode survey, penelitian ini bersifat deskriptif dan verifikatif. Populasi penelitian ini adalah pengguna kartu Halo di Bandar Lampung Tahun 2008 yang sedang menggunakan kartu Halo yaitu sebanyak 109.830 orang. Jumlah sampel sebanyak 100 responden yang ditentukan dengan rumus Slovin, maka teknik sampling yang digunakan adalah teknik probability sampling. Adapun alat analisis yang digunakan adalah analisis Regresi Linier berganda. Hasil uji t menunjukkan bahwa secara parsial economic content (X1) berpengaruh signifikan terhadap komitmen pelanggan kartu Halo produk PT Telkomsel dengan diperolehnya nilai thit (6,455) > t tab (1,660). Resource content (X2) berpengaruh positif akan tetapi tidak signifikan terhadap komitmen pelanggan kartu Halo produk PT Telkomsel dengan diperolehnya nilai thit (1,895) > ttab (1,660). Social content (X3) tidak berpengaruh signifikan terhadap komitmen pelanggan kartu Halo produk PT Telkomsel karena nilai thit (-0,109) < ttab (1,660). Hasil Uji F menunjukkan bahwa secara bersama-sama economic content (X1), social content (X2) dan resource content (X3) berpengaruh signifikan terhadap komitmen pelanggan kartu Halo produk PT Telkomsel karena nilai Fhit (19,587)> Ftab (2,68). Penelitian ini menyarankan kepada PT. Telkomsel agar menganalisis dan mengembangkan strategi pemasaran relasional yang baik untuk dapat meningkatkan komitmen pelanggan terutama pada pengguna kartu Halo. PT Telkomsel perlu memperhatikan nilai ekonomis apa yang natinya di dapat pelanggan, karena jika nilai ekonomis di dapatkan oleh pelanggan, pelanggan akan berkomitmen untuk dapat mempertahankan produk tersebut. JF - Digital Library TI - ANALISIS PENGGUNAAN MODEL PEMASARAN RELASIONAL TERHADAP KOMITMEN PELANGGAN PADA PEMAKAI KARTU HALO DI BANDAR LAMPUNG AV - public ER -