creators_name: 0743023042, Pazar Rakasiwi type: article datestamp: 2015-12-18 07:06:21 lastmod: 2015-12-18 07:06:21 metadata_visibility: show title: EFEKTIVITAS METODE PEMBELAJARAN HYPNOTEACHING DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BEKERJASAMA DAN MENJADI PENDENGAR YANG BAIK PADA MATERI KELARUTAN DAN HASIL KALI KELARUTAN ispublished: pub subjects: General full_text_status: restricted abstract: Kemampuan bekerjasama dan menjadi pendengar yang baik yang merupakan wujud dari hasil pembelajaran ranah afektif sudah sepatutnya dilatihkan/dimun-culkan pada siswa dalam proses pembelajaran, dan metode pembelajaran yang dapat digunakan adalah metode hypnoteaching. Penelitian ini dilakukan untuk mendeskripsikan efektivitas peningkatan kemampuan bekerjasama dan menjadi pendengar yang baik dengan menggunakan metode hypnoteaching pada materi kelarutan dan hasil kali kelarutan. Penelitian ini adalah penelitian pre-experiment dengan menggunakan One-Shot Case Study Design dimana siswa kelas XI IPA2 SMAN 13 Bandar Lampung se-mester genap tahun ajaran 2011/2012 dengan siswa sebanyak 36 orang sebagai kelompok yang akan diobservasi. Sumber data diperoleh dari interview (wawan-cara), participant observation (observasi berperan serta), dan dokumentasi. Dalam lima kali pertemuan yang diobservasi persentase rata-rata kemunculan ke-mampuan bekerjasama terus mengalami peningkatan, dimana pada pertemuan pertama sebesar 44,85%, pertemuan kedua 50,00%, pertemuan ketiga 61,25%, pertemuan keempat 63,53%, dan pertemuan terakhir mencapai 65,00%. Hal seru-pa terjadi pada pada rata-rata kemunculan menjadi pendengar yang baik yang pa-da pertemuan pertama sebesar 66,67%, pertemuan kedua 70,56%, pertemuan keti-ga 73,13%, pertemuan keempat 74,71%, dan pertemuan kelima 81,11%. Hal ini menunjukkan bahwa dalam lima kali pertemuan yang diobservasi, terus terjadi pe-ningkatan baik pada kemampuan bekerjasama maupun menjadi pendengar yang baik. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan metode hypnoteaching efektif dalam meningkatkan kemampuan bekerjasama dan menjadi pendengar yang baik pada siswa. Kata kunci: pembelajaran hypnoteaching, kemampuan bekerjasama, menjadi pendengar yang baik. date: 2012-11-07 date_type: published publication: Digital Library refereed: TRUE citation: 0743023042, Pazar Rakasiwi (2012) EFEKTIVITAS METODE PEMBELAJARAN HYPNOTEACHING DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BEKERJASAMA DAN MENJADI PENDENGAR YANG BAIK PADA MATERI KELARUTAN DAN HASIL KALI KELARUTAN. Digital Library. document_url: http://digilib.unila.ac.id/15900/1/BAB%20I%20pazar%20-%20New.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/15900/2/BAB%20II%20pazar%20-%20New.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/15900/3/BAB%20III%20pazar%20-%20New.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/15900/4/BAB%20IV%20pazar.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/15900/5/BAB%20V%20pazar.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/15900/6/DAFTAR%20PUSTAKA%20%2849-50%29.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/15900/7/1.%20COVER.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/15900/8/2.%20Abstrak%20i-ii.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/15900/8/5.%20MENGESAHKAN%20v.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/15900/9/6.PERNYATAAN%20SKRIPSI%20MAHASISWA%20vii.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/15900/9/7.%20RIWAYAT%20HIDUP%20viii-ix%20-%20Copy.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/15900/10/8.%20MOTTO%20x.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/15900/11/9.%20PERSEMBAHAN%20vi.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/15900/12/10.%20SANWACANA%20xi-xiii.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/15900/13/11.%20DAFTAR%20ISI%20xiv-xv.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/15900/14/cover2.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/15900/15/daftar%20gambar.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/15900/16/daftar%20tabel.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/15900/17/persetujuan.pdf