TY - JOUR ID - eprints15903 UR - http://digilib.unila.ac.id/15903/ A1 - 0813023001, Agita Dzulhajh Anggraini Y1 - 2012/10/06/ N2 - Penelitian ini dilakukan untuk mendeskripsikan efektivitas model pembelajaran problem solving dalam meningkatkan keterampilan berkomunikasi dan mempre-diksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa SMA YP Unila Bandar Lampung kelas XI IPA4 semester Genap Tahun Ajaran 2011-2012. Penelitian ini menggu-nakan metode pre-eksperiment dengan One Group Pretest-Posttest Design. Efek-tivitas model pembelajaran problem solving diukur berdasarkan perbedaan pema-haman awal dan pemahaman akhir siswa yang ditunjukkan dengan rerata n-gain. Berdasarkan hasil penelitian, rerata n-gain keterampilan berkomunikasi sebesar 0,63 dan rerata n-gain keterampilan memprediksi sebesar 0,40. Hal ini menunjuk-kan bahwa (1) model problem solving efektif dalam meningkatkan keterampilan berkomunikasi dalam kategori sedang (2) model problem solving efektif dalam meningkatkan keterampilan memprediksi dalam kategori sedang. Kata kunci: pembelajaran problem solving, keterampilan berkomunikasi dan keterampilan memprediksi JF - Digital Library TI - EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERKOMUNIKASI DAN MEMPREDIKSI PADA MATERI KOLOID AV - restricted ER -