%0 Journal Article %A 0813023003, Della Amelia %D 2012 %F eprints:15908 %J Digital Library %T EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN INFERENSI DAN MENGKOMUNIKASIKAN %U http://digilib.unila.ac.id/15908/ %X Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan efektivitas model pembelajaran problem solving dalam meningkatkan keterampilan inferensi dan mengkomuni-kasikan siswa SMA YP Unila Bandar Lampung. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas XI IPA SMA YP Unila Bandar Lampung tahun ajaran 2011-2012. Sampel diambil menggunakan teknik purposive sampling, diperoleh kelas XI IPA 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA1 sebagai kelas kontrol. yang memiliki karakteristik hampir sama. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen dengan Non Equivalent Control Group Design. Efektivitas mo-del pembelajaran problem solving ditunjukkan dengan uji-t dari N-gain yang signifikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata N-gain keterampilan inferensi kelas eksperimen dan kelas kontrol yaitu 0,59 dan 0,47; t’hitung (2,90651) > ttabel (1,698). Rata-rata N-gain keterampilan mengkomunikasikan kelas eksperimen dan kelas kontrol yaitu 0,56 dan 0,47; thitung (2,22416) > ttabel (1,6622). Keterampilan inferensi dan mengkomunikasikan koloid yang diterapkan model pembelajaran problem solving lebih tinggi daripada pembelajaran konvensional. Disimpulkan bahwa model pem¬belajaran problem solving efektif da¬lam meningkatkan keterampilan inferensi dan mengkomunikasikan siswa pada materi koloid. Kata kunci: model pembelajaran problem solving, keterampilan inferensi dan mengkomunikasikan.