@unpublished{eprints15918, month = {Juli}, title = {PENINGKATAN HASIL BELAJAR MELALUI MODEL COOPERETIVE LEARNING TIPE STAD PADA MATA PELAJARAN IPS SISWA KELAS IV SD NEGERI 3 DATARAJAN KEC. ULU BELU KAB. TANGGAMUS}, author = {1113127030 Walgiyah}, address = {Universitas Lampung}, publisher = {Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan}, year = {2015}, url = {http://digilib.unila.ac.id/15918/}, abstract = {Berdasarkan observasi awal pembelajaran IPS di SD Negeri 3 Datarajan, peneliti menemukan bahwa hasil belajar siswa kelas IV pada pelajaran IPS masih berada di bawah KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) yang telah ditetapkan, yaitu 65. Pada observasi tersebut peneliti menemukan bahwa 5 siswa berada di atas KKM dan 20 siswa masih berada di bawah KKM. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan ahtivitas siswa dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS menggunakan model pembelajaran Cooperative Learning tipe STAD. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK) dan dilaksankan dalam dua siklus, dimasing-masing siklus terdiri dari dua kali tatap muka. Setiap siklus terdiri atas perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes fomatif dan pengamatan aktivitas siswa menggunakan rubrik pengamatan. Teknik analisis data hasil belajar siswa dengan menggunakan tes pada setiap siklus dalam mata pelajaran IPS. Diambil dari presentase ketuntasan belajar siswa setelah diadakan tes pada setiap siklus. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa, melalui model cooperetive learning tipe STAD dapat meningkatan hasil belajar pada mata pelajaran IPS siswa kelas IV SD Negeri 3 Datarajan. Hal ini ditunjukan dengan perolehan persentase hasil belajar pada siklus satu mencapai 56 \%, kemudian meningkat pada siklus dua mencapai 80 \%. Kemudian terjadi peningkatan aktivitas belajar dari klasifikasi ?kurang aktif? dengan persentase keaktifan 60\% menjadi 70\% dengan klasifikasi ?aktif?. Kata kunci : hasil belajar, aktivitas siswa dan cooperative learning tipe STAD} }