%0 Journal Article %A 0813023005, Elsa Sinaga %D 2012 %F eprints:15927 %J Digital Library %T EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN ADVANCE ORGANIZER DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENGEMUKAKAN HIPOTESIS DAN MENARIK KESIMPULAN PADA MATERI KELARUTAN DAN HASIL KALI KELARUTAN %U http://digilib.unila.ac.id/15927/ %X Penelitian ini dilakukan untuk mendeskripsikan efektivitas model pembelajaran advance organizer dalam meningkatkan keterampilan mengemukakan hipotesis dan menarik kesimpulan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA3 SMA Negeri 7 Bandar-lampung semester genap tahun ajaran 2011-2012. Pene¬litian ini menggunakan metode pre-eksperimen dengan One-Group Pretest-Posttest Design. Efektivitas model pembelajaran advance organizer ditunjukkan oleh adanya peningkatan pretest dan postest yang dilihat dari nilai n-gain. Hasil perhitungan n-gain kemudian diinterpretasikan melalui indeks n-gain yang dike¬mukakan oleh Hake. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rerata n-gain keteram¬pilan mengemukakan hipotesis yaitu 0,55 dalam kategori sedang dan rerata n-gain keterampilan mena¬rik kesimpulan yaitu 0,47 juga dalam kategori sedang. Sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran advance organizer efek¬tif dalam meningkatkan keterampilan mengemukakan hipotesis dan menarik ke¬sim-pulan. Kata kunci: model pembelajaran advance organizer, keterampilan mengemukakan hipotesis, dan menarik kesimpulan.