%A Elsa Sinaga 0813023005 %J Digital Library %T EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN ADVANCE ORGANIZER DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENGEMUKAKAN HIPOTESIS DAN MENARIK KESIMPULAN PADA MATERI KELARUTAN DAN HASIL KALI KELARUTAN %X Penelitian ini dilakukan untuk mendeskripsikan efektivitas model pembelajaran advance organizer dalam meningkatkan keterampilan mengemukakan hipotesis dan menarik kesimpulan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA3 SMA Negeri 7 Bandar-lampung semester genap tahun ajaran 2011-2012. Pene?litian ini menggunakan metode pre-eksperimen dengan One-Group Pretest-Posttest Design. Efektivitas model pembelajaran advance organizer ditunjukkan oleh adanya peningkatan pretest dan postest yang dilihat dari nilai n-gain. Hasil perhitungan n-gain kemudian diinterpretasikan melalui indeks n-gain yang dike?mukakan oleh Hake. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rerata n-gain keteram?pilan mengemukakan hipotesis yaitu 0,55 dalam kategori sedang dan rerata n-gain keterampilan mena?rik kesimpulan yaitu 0,47 juga dalam kategori sedang. Sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran advance organizer efek?tif dalam meningkatkan keterampilan mengemukakan hipotesis dan menarik ke?sim-pulan. Kata kunci: model pembelajaran advance organizer, keterampilan mengemukakan hipotesis, dan menarik kesimpulan. %D 2012 %L eprints15927