%0 Journal Article %A 0813023007, Irma Yunitasari %D 2012 %F eprints:15988 %J Digital Library %T EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENYEBUTKAN CONTOH DAN MENGEMUKAKAN KESIMPULAN SERTA HIPOTESIS PADA MATERI HIDROLISIS GARAM %U http://digilib.unila.ac.id/15988/ %X Penelitian ini bertujuan menentukan efektivitas pembelajaran inkuiri terbimbing dalam meningkat¬kan keterampilan menyebutkan contoh dan mengemukakan kesim-pulan serta hipotesis pada materi pokok hidrolisis garam. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Gadingrejo Tahun Pelajaran 2011-2012. Dengan menggunakan teknik purposive sampling, diperoleh kelas XI IPA 3 dan XI IPA 4 sebagai sampel. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen dengan Non-equivalent Control Group Design. Efektivitas model pembelajaran inkuiri terbimbing diukur berdasarkan peningkatan n-Gain yang signifikan. Penelitian ini juga menggunakan analisis data secara statistik dengan uji t’ (uji perbedaan dua rata-rata). Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata n-Gain keterampilan menyebutkan contoh untuk kelas eksperimen dan kelas kontrol berturut-turut adalah 0,62 dan -0,04; dan rata-rata n-Gain keterampilan mengemuka¬kan kesimpulan dan hipotesis untuk kelas eksperimen dan kelas kontrol berturut-turut adalah 0,29 dan -0,26. Berdasarkan uji perbedaan dua rata-rata, diketahui bahwa siswa di kelas yang diterapkan pembelajaran inkuiri terbimbing memiliki keterampilan menyebutkan contoh dan menge¬mu¬kakan kesimpulan serta hipotesis yang lebih tinggi dibanding-kan siswa di kelas yang diterapkan pembelajaran konvensional. Hal ini menunjuk-kan bahwa pembe¬la¬jaran inkuiri terbimbing efektif meningkatkan keteram¬pilan siswa dalam menyebutkan contoh dan menge¬mu¬kakan kesimpulan serta hipotesis. Kata kunci: Pembelajaran inkuiri terbimbing, keterampilan menyebutkan contoh dan menge¬mu¬kakan kesimpulan serta hipotesis.