creators_name: 0813023007, Irma Yunitasari type: article datestamp: 2015-12-22 05:27:50 lastmod: 2015-12-22 05:27:50 metadata_visibility: show title: EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENYEBUTKAN CONTOH DAN MENGEMUKAKAN KESIMPULAN SERTA HIPOTESIS PADA MATERI HIDROLISIS GARAM ispublished: pub subjects: General full_text_status: restricted abstract: Penelitian ini bertujuan menentukan efektivitas pembelajaran inkuiri terbimbing dalam meningkat¬kan keterampilan menyebutkan contoh dan mengemukakan kesim-pulan serta hipotesis pada materi pokok hidrolisis garam. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Gadingrejo Tahun Pelajaran 2011-2012. Dengan menggunakan teknik purposive sampling, diperoleh kelas XI IPA 3 dan XI IPA 4 sebagai sampel. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen dengan Non-equivalent Control Group Design. Efektivitas model pembelajaran inkuiri terbimbing diukur berdasarkan peningkatan n-Gain yang signifikan. Penelitian ini juga menggunakan analisis data secara statistik dengan uji t’ (uji perbedaan dua rata-rata). Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata n-Gain keterampilan menyebutkan contoh untuk kelas eksperimen dan kelas kontrol berturut-turut adalah 0,62 dan -0,04; dan rata-rata n-Gain keterampilan mengemuka¬kan kesimpulan dan hipotesis untuk kelas eksperimen dan kelas kontrol berturut-turut adalah 0,29 dan -0,26. Berdasarkan uji perbedaan dua rata-rata, diketahui bahwa siswa di kelas yang diterapkan pembelajaran inkuiri terbimbing memiliki keterampilan menyebutkan contoh dan menge¬mu¬kakan kesimpulan serta hipotesis yang lebih tinggi dibanding-kan siswa di kelas yang diterapkan pembelajaran konvensional. Hal ini menunjuk-kan bahwa pembe¬la¬jaran inkuiri terbimbing efektif meningkatkan keteram¬pilan siswa dalam menyebutkan contoh dan menge¬mu¬kakan kesimpulan serta hipotesis. Kata kunci: Pembelajaran inkuiri terbimbing, keterampilan menyebutkan contoh dan menge¬mu¬kakan kesimpulan serta hipotesis. date: 2012-11-08 date_type: published publication: Digital Library refereed: TRUE citation: 0813023007, Irma Yunitasari (2012) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENYEBUTKAN CONTOH DAN MENGEMUKAKAN KESIMPULAN SERTA HIPOTESIS PADA MATERI HIDROLISIS GARAM. Digital Library. document_url: http://digilib.unila.ac.id/15988/1/1.%20COVER.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/15988/2/2.%20ABSTRAK.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/15988/3/3.%20cover%20dalam.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/15988/4/4.%20penyetujuan.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/15988/5/5.%20MENGESAHKAN.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/15988/6/6.%20PERNYATAAN.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/15988/7/7.%20RIWAYAT%20HIDUP.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/15988/8/8.%20PERSEMBAHAN.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/15988/9/9.%20MOTTO.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/15988/10/10.%20SANWACANA.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/15988/11/11.%20DAFTAR%20ISI.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/15988/12/daftar%20gambar.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/15988/13/daftar%20tabel.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/15988/14/BAB%20I.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/15988/15/BAB%20II.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/15988/16/BAB%20III.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/15988/17/BAB%20IV.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/15988/18/BAB%20V.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/15988/19/daftar%20pustaka.pdf