?url_ver=Z39.88-2004&rft_val_fmt=info%3Aofi%2Ffmt%3Akev%3Amtx%3Adc&rft.title=UPAYA+MENINGKATKAN+AKTIVITAS+DAN+HASIL+BELAJAR+MELALUI%0D%0AMETODE+INKUIRI+PADA+PEMBELAJARAN+IPA+DI+KELAS+V%0D%0ASDS+SEJAHTERA+III+SINDANGSARI%0D%0ALAMPUNG+SELATAN&rft.creator=Reni+Romawati%2C++1013079261&rft.subject=L+Education+(General)+%3D+Pendidikan+&rft.description=ABSTRAK%0D%0AMasalah+dalam+penelitian+ini+adalah+rendahnya+aktivitas+dan+hasil+belajar+siswa+pada+pembelajaran+IPA+di+kelas+V+SDS+Sejahtera+III+Sindangsari+Lampung+Selatan+Tahun+Pelajaran+2014%2F2015+yang+selama+ini+hanya+berpusat+pada+guru+(+teacher+centered)%2C+metode+yang+digunakan+kurang+bervariasi%2C+guru+kurang+memotivasi+belajar+siswa%2C+guru+cenderung+menggunakan+metode+ceramah+sehingga+aktivitas+belajar+rendah.+Tujuan+penelitian+ini+adalah+meningkatkan+aktivitas+dan+hasil+belajar+siswa+dengan+menggunakan+metode+inkuiri.%0D%0AMetode+yang+digunakan+adalah+penelitian+tindakan+kelas+(PTK)%2C+yang+dilaksanakan+dalam+dua+siklus.+Masing-masing+siklus+terdiri+dari+empat+tahapan+yaitu+perencanaan%2C+pelaksanaan%2C+observasi%2C+dan+refleksi.+Teknis+analisis+data+melalui+analisis+kualitatif+dan+kuantitatif.%0D%0AHasil+penelitian+menunjukkan+bahwa+dengan+menggunakan+metode+inkuiri+dapat+meningkatkan+aktivitas+dan+hasil+belajar+IPA.+Hal+ini+dapat+dilihat+(a)+aktivitas+belajar+siswa+pada+siklus+I+dengan+kategori+cukup+dengan+nilai+61%2C80%2C+meningkat+sebesar+12%2C60+pada+siklus+II+74%2C40+dengan+kategori+aktif.+(b)+rerata+hasil+belajar+siswa+pada+siklus+I+yaitu+61%2C80.+Pada+siklus+II+meningkat+sebesar+12%2C60+menjadi+74%2C40+dan+(c)+persentase+ketuntasan+hasil+belajar+pada+siklus+I+mencapai+40%25+meningkat+menjadi+95%25+pada+akhir+siklus+II.%0D%0AKata+kunci%3A+Metode+inkuiri%2C+aktivitas+dan+hasil+belajar+IPA.%0D%0A&rft.publisher=Fakultas+Keguruan+dan+Ilmu+Pendidikan&rft.date=2015-10-19&rft.type=Skripsi&rft.type=NonPeerReviewed&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F16017%2F1%2FABSTRAK.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F16017%2F2%2FCOVER%2520DALAM.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F16017%2F3%2FCOVER%2520LUAR.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F16017%2F4%2FDAFTAR%2520ISI.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F16017%2F5%2FDAFTAR%2520LAMPIRAN.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F16017%2F6%2FDAFTAR%2520TABEL.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F16017%2F7%2FLEMBAR%2520PENGESAHAN.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F16017%2F8%2FLEMBAR%2520PERNYATAAN.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F16017%2F9%2FLEMBAR%2520PERSETUJUAN.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F16017%2F10%2FMOTO.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F16017%2F11%2FPERSEMBAHAN.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F16017%2F12%2FRIWAYAT%2520HIDUP.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F16017%2F13%2FSANWACANA.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F16017%2F14%2FBAB%2520I.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F16017%2F15%2FBAB%2520II.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F16017%2F17%2FBAB%2520III.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F16017%2F16%2FBAB%2520IV.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F16017%2F18%2FBAB%2520V.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F16017%2F19%2FDAFTAR%2520PUSTAKA.pdf&rft.identifier=++Reni+Romawati%2C+1013079261++(2015)+UPAYA+MENINGKATKAN+AKTIVITAS+DAN+HASIL+BELAJAR+MELALUI+METODE+INKUIRI+PADA+PEMBELAJARAN+IPA+DI+KELAS+V+SDS+SEJAHTERA+III+SINDANGSARI+LAMPUNG+SELATAN.++Fakultas+Keguruan+dan+Ilmu+Pendidikan%2C+Universitas+Lampung.+++++&rft.relation=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F16017%2F