TY - GEN CY - Universitas Lampung ID - eprints16017 UR - http://digilib.unila.ac.id/16017/ A1 - Reni Romawati, 1013079261 Y1 - 2015/10/19/ N2 - ABSTRAK Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA di kelas V SDS Sejahtera III Sindangsari Lampung Selatan Tahun Pelajaran 2014/2015 yang selama ini hanya berpusat pada guru ( teacher centered), metode yang digunakan kurang bervariasi, guru kurang memotivasi belajar siswa, guru cenderung menggunakan metode ceramah sehingga aktivitas belajar rendah. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dengan menggunakan metode inkuiri. Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK), yang dilaksanakan dalam dua siklus. Masing-masing siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknis analisis data melalui analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan metode inkuiri dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPA. Hal ini dapat dilihat (a) aktivitas belajar siswa pada siklus I dengan kategori cukup dengan nilai 61,80, meningkat sebesar 12,60 pada siklus II 74,40 dengan kategori aktif. (b) rerata hasil belajar siswa pada siklus I yaitu 61,80. Pada siklus II meningkat sebesar 12,60 menjadi 74,40 dan (c) persentase ketuntasan hasil belajar pada siklus I mencapai 40% meningkat menjadi 95% pada akhir siklus II. Kata kunci: Metode inkuiri, aktivitas dan hasil belajar IPA. PB - Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan TI - UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MELALUI METODE INKUIRI PADA PEMBELAJARAN IPA DI KELAS V SDS SEJAHTERA III SINDANGSARI LAMPUNG SELATAN AV - restricted ER -