title: ALIH KODE DAN CAMPUR KODE PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA DAN IMPLIKASINYA PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMA creator: Murniati, 1113041041 subject: P Philology. Linguistics description: Penelitian ini bertujuan untuk memaparkan bentuk-bentuk dan faktor penyebab alih kode dan campur kode pada mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan implikasinya pada pembelajaran bahasa Indonesia di SMA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi alih kode yaitu alih kode intern dan alih kode ekstern. Alih kode intern berlangsung antarbahasa yakni dari bahasa Indonesia ke bahasa Jawa, bahasa Jawa ke bahasa Indonesia, dan dari bahasa Indonesia ke bahasa Lampung dan antarragam yakni dari ragam resmi ke ragam usaha, ragam usaha ke ragam resmi, ragam usaha ke ragam santai, ragam akrab ke ragam santai, dan ragam santai ke akrab. Alih kode ekstern berlangsung dari bahasa Arab ke bahasa Indonesia dan bahasa Indonesia ke bahasa Arab. Faktor penyebab alih kode adalah penutur memperoleh keuntungan dari tindakannya, mitra tutur terlebih dahulu beralih kode, mitra tutur kurang bersikap baik, perubahan situasi formal ke informal dan informal ke formal, dan berubahnya topik pembicaraan. Selain itu, terjadi peristiwa campur kode dalam bentuk kata, frasa, baster, dan klausa. Campur kode berwujud kata terdiri atas nomina, adverbia, verba, pronomina, interjeksi, dan adjektiva. Campur kode berwujud frasa terdiri atas frasa verba, frasa nomina, frasa fatis, frasa adverbia, frasa preposisi, dan frasa pronomina. Campur kode berwujud baster dari bahasa Indonesia dan bahasa Inggris. Campur kode berwujud klausa terdiri atas klausa lengkap dan tak lengkap. Faktor yang mempengaruhi terjadinya campur kode adalah latar belakang sikap penutur dan kebahasaan. Latar belakang sikap penutur terdiri atas penutur memperhalus ungkapan, penutur menunjukkan kemampuan dalam berbahasa, dan penutur memperoleh hasil yang dikehendaki. Kebahasaan meliputi lebih mudah diingat, memperoleh hasil yang dikehendaki, keterbatasan kata, dan tidak menimbulkan kehomoniman. Hasil penelitian tersebut dapat dijadikan sebagai bahan ajar pembelajaran bahasa Indonesia di SMA yaitu menulis naskah drama. publisher: FKIP date: 2015-11-27 type: Skripsi type: NonPeerReviewed format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/16026/1/ABSTRAK.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/16026/2/COVER%20DALAM.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/16026/3/MENYETUJUI.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/16026/4/MENGESAHKAN.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/16026/5/PERNYATAAN.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/16026/6/RIWAYAT%20HIDUP.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/16026/7/PERSEMBAHAN.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/16026/8/MOTO.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/16026/9/SANWACANA.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/16026/11/DAFTAR%20ISI.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/16026/12/BAB%20I.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/16026/10/BAB%20II.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/16026/17/BAB%20III.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/16026/14/BAB%20IV.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/16026/15/BAB%20V.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/16026/16/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/16026/13/DAFTAR%20KAMUS.pdf identifier: Murniati, 1113041041 (2015) ALIH KODE DAN CAMPUR KODE PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA DAN IMPLIKASINYA PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMA. FKIP, UNIVERSITAS LAMPUNG. relation: http://digilib.unila.ac.id/16026/